kumparan
13 Maret 2019 20:20

Susi: Pedagang Tak Jaga Kebersihan Pasar Ikan Muara Baru, Tenggelamkan

Menteri KKP, Susi Pudjiastuti, Pasar Ikan Modern Muara Baru
Menteri KKP Susi Pudjiastuti tiba di Pasar Ikan Modern Muara Baru, Jakarta Utara (13/3). Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mewanti-wanti para pedagang dan pelaku usaha di Pasar Ikan Modern Muara Baru, Jakarta, menjaga kebersihan. Tak tanggung, Susi mengancam akan menenggelamkan mereka yang buang sampah sembarangan di dalam pasar.
ADVERTISEMENT
"Saya mohon tidak ada ikan yang berceceran di lantai, saya sudah bilang buang sampah tenggelamkan. Kalau ada ikan di lantai, bilang nanti akan ditenggelamkan. Hukumannya itu saja karena lautnya juga dekat tinggal tenggelamkan saja," katanya yang langsung disambut tawa satu ruangan di Pasar Ikan Modern Muara Baru, Rabu (13/2).
Pasar Ikan Modern Muara Baru kini sudah diresmikan. Pasar ikan ini terlihat bersih dan sangat modern dibandingkan sebelum direnovasi. Bahkan, Susi menginginkan Pasar Ikan Modern Muara Baru bisa mengalahkan pasar ikan Tsukiji Jepang.
Susi mengatakan, PIM Muara Baru ini merupakan mandat dari Presiden Jokowi saat melakukan rapat terbatas (Ratas). Dia bercerita, tidak mudah bagi KKP untuk membenahi fisik dari Pasar Ikan Modern Muara Baru.
Menteri KKP, Susi Pudjiastuti, Pasar Ikan Modern Muara Baru
Menteri KKP Susi Pudjiastuti tiba di Pasar Ikan Modern Muara Baru, Jakarta Utara (13/3). Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
Untuk itu, Susi meminta agar pelaku usaha dan pedagang tetap menjaga kebersihan pasar. Selain itu, Perum Perindo yang ditugaskan mengelola Pasar Ikan Modern Muara Baru ini diminta untuk mengelola pasar dengan baik.
ADVERTISEMENT
"Jadi ini bagus-bagus diresmikan semua bersih, tapi sebulan nanti saya datang becek lagi," katanya.
Adapun Pasar Ikan Modern Muara Baru memiliki 894 kios basah (wet market) dan 155 kios kering (dry market). Fasilitas lain yang terdapat di sini yakni cold storage, food court, ruang pengepakan, Instalasi Pengolahan Limbah (IPALI), klinik, ATM , ruang pertemuan dan masjid.
Pasar Ikan Modern (PIM) Muara Baru
Pasar Ikan Modern (PIM) Muara Baru yang akan diresmikan Presiden Jokowi. Foto: Dok. Perum Perindo
Proyek ini dibangun dengan dana APBN 2018 sebesar Rp 150 miliar. Bangunan berlantai tiga ini dibangun pada Februari 2018 oleh BUMN kontraktor PT PP (Persero) Tbk.
Pasar Ikan Modern Muara Bara beroperasi mulai pukul 16.00 WIB hingga 00.00 WIB. Di sini konsumen dapat membeli berbagai jenis ikan. Ada udang, cumi, gurita, sotong, tuna, tongkol, cakalang, bandeng, jambal dan banyak lainnya. Pembeli juga dapat meminta ikan segarnya untuk diolah langsung menjadi masakan untuk disantap di food court lantai 3.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan