Bisnis
·
1 April 2021 19:55

Tol JORR II Sudah Diresmikan Jokowi, Berapa Tarif ke Bandara Soekarno-Hatta?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Tol JORR II Sudah Diresmikan Jokowi, Berapa Tarif ke Bandara Soekarno-Hatta? (390122)
Presiden Joko Widodo saat meresmikan Tol JORR II, Kamis (1/4). Foto: Lukas/Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Jokowi meresmikan dua ruas tol yang merupakan bagian dari Tol JORR II pada Kamis (1/4). Kedua ruas tol tersebut yakni Tol Serpong-Pamulang yang merupakan bagian dari Tol Serpong-Cinere, serta Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran.
ADVERTISEMENT
“Jalan tol ini sangat dinantikan masyarakat, terutama masyarakat Kota Tangerang dan Tangerang Selatan karena diharapkan dapat memperlancar mobilitas masyarakat dan logistik menuju dan dari wilayah Jakarta dan sekitarnya,” ujar Presiden Jokowi saat menyampaikan pidato peresmian.
Jalan Tol Serpong-Cinere memiliki total panjang 10,14 km dibagi menjadi dua seksi yaitu:
- Seksi 1 Serpong-Pamulang sepanjang 6,5 Km
- Seksi 2 Pamulang-Cinere sepanjang 3,64 Km
Sementara itu, untuk Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran memiliki total panjang 14,19 km dibagi menjadi empat seksi yaitu:
- Seksi 1 Kunciran Junction-Tirtayasa sepanjang 2,04 km
- Seksi 2 Tirtayasa-Benteng Betawi sepanjang 3,52 km
- Seksi 3 Benteng Betawi-Husein Sastranegara sepanjang 6,57 km
- Seksi 4 Husein Sastranegara-Benda Junction sepanjang 2,06 km
Tol JORR II Sudah Diresmikan Jokowi, Berapa Tarif ke Bandara Soekarno-Hatta? (390123)
Tol JORR II di simpang susun dengan Tol Jakarta-Tangerang. Foto: Dok. Jasa Marga
Kedua jalan tol tersebut melengkapi jaringan Jalan Tol JORR II yang sebelumnya telah beroperasi sebagian, yaitu Jalan Tol Kunciran-Serpong sepanjang 11,2 km. Ruan tol ini sudah lebih dulu diresmikan Presiden Jokowi pada Desember 2019.
ADVERTISEMENT
Keberadaan tol tersebut menghubungkan wilayah Cinere, Depok, dan sekitarnya dengan kawasan Cengkareng hingga akses ke Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten. Total panjang jalan tol dari Cinere ke Cengkareng itu sekitar 36 km, sehingga memangkas jarak dan waktu tempuh warga Depok ke Bandara Soekarno-Hatta.
“Pengurangan waktu tempuh akan sangat terasa. Jika sebelumnya perjalanan dari Kunciran menuju Cengkareng dan Bandara, harus ditempuh selama lebih kurang 1 jam, melalui Tol JORR II hanya menjadi 15 menit saja. Semua perhitungan waktu tempuh dihitung dengan kecepatan berkendara 60-80 km per jam,” kata Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Subakti Syukur.

Pengoperasian dan Tarif Tol

Tol JORR II Sudah Diresmikan Jokowi, Berapa Tarif ke Bandara Soekarno-Hatta? (390124)
Pemberlakuan transaksi tol non tunai Foto: Antara/Indrianto Eko Suwarso
Sementara itu Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga, Dwimawan Heru, menjelaskan masyarakat sudah dapat melintas di Tol JORR II ini mulai Jumat (2/4), mulai pukul 22.00 WIB.
ADVERTISEMENT
“Dengan dibukanya dua jalan tol ini, pengguna jalan asal Pamulang, Serpong dan sekitarnya bisa melakukan perjalanan langsung menuju Bandara Soekarno-Hatta, demikian pula sebaliknya. Untuk sementara waktu, pengguna jalan dapat mengakses dua jalan tol ini tanpa tarif, sebagai bentuk sosialisasi kami kepada masyarakat,” kata Heru.
Meskipun kedua jalan tol yang baru diresmikan tersebut dioperasikan tanpa tarif, namun perjalanan dari Pamulang/Serpong menuju Bandara Soekarno-Hatta maupun sebaliknya, tetap akan dikenakan tarif untuk Jalan Tol ruas Kunciran-Serpong yang telah beroperasi lebih dahulu sejak 2019, dengan tarif Rp 20.000.
“Untuk itu, pengguna jalan yang melintas Tol JORR II tetap harus menyiapkan uang elektronik sebelum memasuki gerbang tol, dan juga tidak lupa tetap mematuhi peraturan selama masa sosialisasi ini,” tutup Heru.
ADVERTISEMENT