Waspada Penipuan! Lakukan Cara Ini agar Akun KlikBCA Anda Tetap Aman

7 Juni 2022 10:33
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Ilustrasi seseorang heran mendapat notifikasi pesan dari pihak tidak dikenal mengatasnamakan BCA. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi seseorang heran mendapat notifikasi pesan dari pihak tidak dikenal mengatasnamakan BCA. Foto: Shutterstock
KlikBCA merupakan salah satu solusi andalan bagi nasabah BCA untuk mempermudah berbagai transaksi perbankan mereka. Berbagai urusan seperti transfer ke sesama BCA dan antar bank, pembelian, pembayaran, inquiry mutasi, dan lain-lain dapat selesai dengan mengakses KlikBCA.
Namun, masih ada saja oknum tidak bertanggung jawab yang mencoba memanfaatkan kelemahan orang untuk melakukan penipuan, tersmasuk kepada pengguna KlikBCA. Lazimnya, motif penipuan mereka dilancarkan dengan memanipulasi psikologis mangsanya (social engineering), lewat ancaman atau iming-iming hadiah, agar korban mau diarahkan oleh si penipu.
Meski begitu, Anda tidak perlu terlalu khawatir. Dikutip dari laman Awas Modus di website resmi BCA, berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar akun KlikBCA Anda tetap aman.

1. Kenali jenis penipuan yang mengatasnamakan Halo BCA

Bila ada nomor asing yang menelepon Anda kemudian mengaku sebagai pihak dari Halo BCA, jangan lekas percaya, ya.
Nomor telepon resmi Halo BCA adalah 1500888. Sebaiknya nomor telepon Halo BCA jangan disimpan di HP Anda, supaya jika ada telepon masuk, nomornya akan muncul di layar HP Anda. Jika nomor yang muncul 1500888 diawali oleh kode 021, +62, dan sebagainya, itu merupakan nomor Halo BCA palsu.

2. Tetap tenang saat mendapat telepon mencurigakan

Ilustrasi seseorang yang panik karena terlanjur mengangkat telepon dari oknum penipu. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi seseorang yang panik karena terlanjur mengangkat telepon dari oknum penipu. Foto: Shutterstock
Bagaimana kalau sudah terlanjur mengangkatnya? Usahakanlah tetap tenang, ya. Kepanikan dan ekspresi terlalu senang ibarat portal bagi para penipu supaya bisa lebih mudah memanipulasi calon korbannya, mengarahkan Anda untuk menuruti keinginan mereka. Jadi, upayakan agar tidak terpengaruh, tetap fokus dan kontrol diri.

3. Lindungi data perbankan pribadi

Cara berikutnya yang bisa dilakukan untuk menjaga akun KlikBCA Anda tidak dibobol orang adalah dengan melindungi data perbankan. Caranya sesederhana tidak membagikan data pribadi perbankan, seperti nomor kartu ATM, PIN, kode OTP, angka yang tertera pada token KeyBCA (APPLI 1/2), dan lain-lain, kepada siapapun, melalui sarana apapun.
Jangan sampai berbagai data sensitif itu disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan transaksi melalui KlikBCA Anda.

4. Kenali kontak dan semua akun resmi BCA

Nah, yang terakhir, dan tak kalah penting juga, Anda perlu mengenali berbagai saluran resmi yang dimiliki oleh BCA. Ini bisa membantu Anda untuk mendapatkan berbagai informasi dari sumber yang aman dan terpercaya.
Nomor telepon Halo BCA adalah 1500888 tanpa awalan 021, +62 atau kode apa pun. Nomor WhatsApp Bank BCA hanya 08111500998 dan terdapat tanda verified centang hijau. Anda dapat mengikuti info dari akun Twitter Halo BCA, @HaloBCA, yang juga verified atau terdapat centang biru.
Untuk surel, Anda dapat mengirimkannya ke alamat email Halo BCA, yaitu [email protected], sementara pesan langsung di webchat Halo BCA, yang dapat Anda temukan pada laman bca.co.id. Semua akun resmi media sosial BCA bisa Anda lihat di sini.
Untuk mengakses KlikBCA dengan aman, gunakan channel resmi BCA melalui link https://www.klikbca.com/. Jika Anda mengalami penipuan, segera hubungi Halo BCA, ya.
Jadilah generasi anti modus agar Anda aman dan tidak mudah tertipu. Untuk mengetahui modus-modus penipuan perbankan terkini lainnya, Anda bisa mengunjungi tautan berikut: www.bca.co.id/awasmodus.
#CariTahuBiarAman
Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan BCA