Wishnutama: Ekonomi Digital dan Teknologi 5G Berperan Penting di 2030

24 Mei 2021 13:57
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Wishnutama: Ekonomi Digital dan Teknologi 5G Berperan Penting di 2030 (3099)
zoom-in-whitePerbesar
Wishnutama Kusubandio. Foto: PUSPA PERWITASARI/ANTARA
Komisaris Telkomsel Wishnutama Kusubandio mengungkapkan, kemajuan teknologi dan ekonomi digital memegang peranan penting dalam perekonomian Indonesia di tahun 2030.
ADVERTISEMENT
Ini didasari atas besarnya potensi pasar digital Tanah Air yang menempati posisi empat besar di dunia. Dalam hal banyaknya konsumen di ekosistem digital ini, kata Wishnutama, Indonesia hanya kalah dari China, India dan Amerika Serikat.
Menurut Wishnutama, besarnya dampak digitalisasi ini terlihat selama pandemi COVID-19 merebak. Sektor bisnis yang mampu beradaptasi dan bertransformasi secara cepat memiliki ketahanan yang lebih baik.
"Ekonomi kreatif dan ekonomi digital akan berperan di masa depan. 2030 Indonesia akan menjadi salah satu negara dengan kekuatan ekonomi yang kuat," ujar Tama dalam acara Rainmaking Indonesia 2021 yang digelar Good City Foundation, Senin (24/5).
Wishnutama: Ekonomi Digital dan Teknologi 5G Berperan Penting di 2030 (3100)
zoom-in-whitePerbesar
Telkomsel menguji coba jaringan 5G dengan penerapan mobil autonomus di ajang Asian Games 2018. Foto: Telkomsel
Ia juga melihat cukup signifikannya e-commerce menopang perekonomian di tengah pandemi. Dengan kontribusi mencapai USD 44 miliar atau setara Rp 587 triliun di tahun 2020.
ADVERTISEMENT
Tren positif ini, menurut Mantan Menparekraf mesti dijaga dan didukung oleh teknologi yang mumpuni. Sehingga implementasi teknologi 5G menjadi salah satu faktor yang bermain dalam penguatan ekosistem tersebut.
"Di antaranya implementasi 5G yang paling penting, kemampuan untuk ekosistem kota pintar, tata kelola cerdas hingga perencanaan lalu lintas dan keamanan yang cerdas. Harus selalu ada keseimbangan antara potensi dan tantangan, antara peluang ekonomi kreatif dan digital, serta sinergi seluruh pemangku kepentingan," jelas Wishnutama.
Sebelumnya, Wishnutama memberi sinyal akan mengudaranya jaringan 5G di Indonesia. Kabar tersebut diunggah dalam video tentang 5G di akun media sosial Telkomsel.
Dalam unggahan tersebut, Wishnutama membeberkan sederet manfaat teknologi 5G di masa mendatang. Mulai dari membuka lapangan pekerjaan dan profesi baru, inovasi untuk iklim investasi hijau, hingga pengintegrasian dunia konvensional dan digital.
ADVERTISEMENT
"5G akan menjadi teknologi yang paling penting di era ini. Saya percaya teknologi digital khususnya 5G akan menjadi game changer bagi bangsa ini," pungkas Wishnutama.