5 Wonderkid Termahal Saat Ini: Jadon Sancho Cuma Kedua, Bernilai Rp 1,6 Triliun

13 Agustus 2021 18:03
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Jadon Sancho. Foto: Paul ELLIS / AFP
ADVERTISEMENT
Ada banyak pemain muda hebat yang menjadi sorotan dalam beberapa tahun terakhir, salah satunya adalah Jadon Sancho. Pemain anyar Manchester United (MU) itu memiliki talenta yang luar biasa.
ADVERTISEMENT
Sancho baru saja didatangkan MU dari Borussia Dortmund pada bursa transfer kali ini. The Reds Devils harus merogoh kocek sebesar 85 juta euro atau setara Rp. 1,4 Triliun untuk memboyong pemain Timnas Inggris tersebut.
Setelah transfer tersebut, nilai sang pemain di pasar transfer langsung meroket. Ia kini bernilai 100 juta euro (setara Rp.1,6 Triliun). Hal tersebut tentu karena performa yang ditunjukkan sang pemain.
Pada usia 21 tahun, Sancho telah menjalankan tugas empat musim yang sukses di Dortmund dengan mencetak 50 gol dan 64 assist di seluruh kompetisi.
Jadon Sancho. Foto: INA FASSBENDER / AFP
Namun, masih harus dilihat apakah Sancho bisa keluar dari tekanan atas label harganya yang tinggi dan menghasilkan penampilan yang sesuai dengan ekspektasi banyak penggemar.
ADVERTISEMENT
Selain Sancho, ada empat pemain muda berlabel 'termahal' lainnya. Berikut kumparan sajikan daftarnya, dikutip dari Sportskeeda.

Matthijs de Ligt - 75 juta euro/ Rp. 1,2 triliun

Pemain Belanda Matthijs de Ligt keluar lapangan setelah mendapat kartu merah dari wasit saat babak 16 besar Euro 2020 melawan Republik Ceko. Foto: Attila Kisbenedek/Reuters
De Ligt dianggap sebagai salah satu bek muda terbaik saat ini. Bek tengah muda itu berkontribusi besar saat Ajax membuat perjalanan yang luar biasa ke semifinal Liga Champions pada 2018/19.
Juventus beruntung bisa merekrutnya meski harus merogoh kocek 75 juta euro atau setara Rp. 1,2 Triliun. Harga itu pun sebanding dengan kualitas De Light. Ia unggul di udara, bagus dalam menguasai bola, dan pandai menempati posisi.
Di klub barunya itu, De Ligt mampu jadi pemain kunci di tim utama dan telah memenangi gelar Serie A dan Copa Italia dalam dua musim terakhir.
ADVERTISEMENT

Phil Foden - 80 juta euro/ Rp 1,3 triliun

Pemain Manchester City Phil Foden berusaha melewati penjaga gawang Southampton pada pertandingan lanjutan Premier League di Stadion Etihad, Manchester, Inggris. Foto: Clive Brunskill/Pool/REUTERS
Sejak memulai debutnya di Liga Inggris pada tahun 2017, Phil Foden langsung mencuat ke permukaan. Ia sejauh ini telah mencatatkan 15 gol dan delapan assist dalam 69 pertandingan di Premier League.
Pada musim lalu, pemain berusia 21 tahun itu mencatatkan 9 gol dan 5 assist untuk Manchester City. Musim yang sejauh ini ditandai sebagai yang terbaik bagi Foden.
Pep Guardiola bahkan menyebut Foden sebagai pemain paling berbakat yang pernah dilihatnya, dengan mengatakan :
" Phil Foden adalah pemain paling berbakat yang pernah saya lihat. Yang terbaik adalah Messi, pertama. Tapi saya tidak bertemu Leo Messi pada usia 17 ketika saya bertemu Foden pada usia itu."
ADVERTISEMENT

Joao Felix - 80 juta euro/Rp. 1,3 triliun

Joao Felix, pemain Atletico Madrid. Foto: REUTERS/Juan Medina
Felix adalah salah satu penyerang muda yang awal mulanya sangat menjanjikan. Atletico Madrid bahkan rela menghabiskan 127 juta euro atau setara Rp. 2,1 Triliun untuk mengangkut pemain asal Portugal itu pada musim panas 2019 dari Benfica.
Namun, Felix belum cukup maksimal di La Liga. Ia hanya mencetak 19 gol dalam 76 pertandingan di semua kompetisi. Pemain berusia 21 tahun, yang bermain sebagai second striker itu masih cukup waktu untuk membuktikan harga dan potensinya. Saat ini, harga Felix menurun meski masih di angka yang bagus.

Erling Haaland - 130 juta euro/Rp. 2,2 triliun

Pemain Borussia Dortmund Erling Braut Haaland saat melawan Manchester City. Foto: Phil Noble/Reuters
Haaland merupakan salah satu pencetak gol paling produktif bahkan mengalahkan nama-nama seperti Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.
ADVERTISEMENT
Haaland telah mencetak 60 gol dalam banyak pertandingan untuk raksasa Bundesliga, Borussia Dortmund, dengan 41 di antaranya terjadi pada musim lalu.
Mempertimbangkan banyaknya klub yang menaruh minat, Haaland tidak mungkin bertahan terlalu lama di Dortmund. Namun demikian, sementara ini, ia masih setia bersama Die Borussen.
Haaland telah membuka musim 2021/22-nya dengan hattrick di DFB Pokal dan bakal ada lebih banyak gol lagi. Itu sebabnya harga sang pemain semakin mahal.