kumparan
2 Maret 2019 1:50

Ah, Kata Siapa Bale Sudah Tak Relevan Lagi di Madrid?

Gareth Bale menunjukkan gesture kecewa ketika Real Madrid menghadapi SD Huesca. Foto: Ander Gillenea/AFP
Gareth Bale masih tersungkur di Real Madrid. Sejak tahun berganti ke 2019, winger berkebangsaan Wales ini hanya dua kali tampil sejak awal di La Liga. Semenetara, tiga laga lainnya harus dijalani dari bangku cadangan. Skenario serupa juga menimpa Bale ketika Madrid tampil di Copa del Rey.
ADVERTISEMENT
Di tiga laga terakhir yang dijalani Los Blancos di kompetisi yang telah dihelat sejak 1902 itu, Bale selalu tampil kurang dari 30 menit. Di sayap kanan, Bale kalah saing dengan Lucas Vazquez. Skenario serupa juga terjadi di sayap kiri, yang masih terus ditempati Vinicius Junior.
Masalah jarang tampilnya Bale ini dilengkapi dengan kritik-kritik yang dilepas rekan-rekannya sendiri. Marcelo Vieira sempat mengatakan keengganan Bale mempelajari Bahasa Spanyol menjadi kendala dalam interaksi tim. Kritik serupa juga sempat diutarakan Thibaut Courtois, mengenai Bale yang sulit bergaul.
Ya, terlihat jelas situasi Bale kini tengah tak baik. Lantas, apakah dengan begitu Bale sudah tak relevan lagi di Madrid? Menurut Santiago Solari, jawabannya justru sebaliknya.
“Bagi saya, Bale masih penting. Seluruh pemain penting, dan tak hanya yang tampil. Karena pada akhirnya, gelar dimenangi dengan skuat penuh. Selain itu, Bale juga selalu tampil sejak sembuh dari cedera, dan juga berhasil mencetak gol,” kata pelatih Madrid sejak Oktober 2018 itu, sebagaimana dilansir Goal International.
ADVERTISEMENT
Gareth Bale merayakan golnya ke gawang Kashima Antlers di semifinal Piala Dunia Antarklub 2018. Foto: REUTERS/Suhaib Salem
Berbicara tentang kontribusi gol Bale selama 2019, sebenarnya cukup oke. Walau menit bermainnnya minim, mantan andalan Tottenham Hotspur itu masih bisa menyumbangkan tiga gol untuk Madrid di ajang La Liga selama 2019. Menariknya, seluruh gol yang diciptakan Bale menimbulkan dampak positif.
Ketika Madrid menang 4-2 atas Espayol pada 28 Januari lalu, Bale menjadi pencetak gol terakhir. Sebelum gol Bale tercipta pada menit ke-67, Madrid terus saja diserang meski sebenarnya sedang unggul 3-2. Setelahnya, kemudi laga kembali lagi ke tangan Madrid.
Sebelas hari kemudian, Bale kembali memberikan impak ketika Madrid menang 3-1 atas Atletico Madrid. Sebelum gol Bale tiba pada menit ke-74, Madrid tengah kesulitan menghadapi serangan balik Los Rojiblancos.
ADVERTISEMENT
Bahkan, Atletico sempat mencetak gol penyama kedudukan 2-2 pada menit ke-68, meski pada akhirnya gol yang diciptakan Alvaro Morata in dianulir wasit karena offside. Ketika Madrid menang 2-1 atas Levante pada 24 Februari lalu, Bale menjadi pencetak gol kedua.
Kendati demikian, belum tentu juga Bale bisa memberikan impak berarti untuk Madrid jika tampil melawan Barcelona di Santiago Bernabeu, Minggu (3/3/2019) dini hari WIB. Mengingat pemain berusia 29 tahun itu hanya mencetak 3 gol dalam total 10 penampilannya melawan La Blaugrana di seluruh kompetisi.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan