kumparan
10 Juli 2019 10:29

Anies: Buktikan kepada Dunia The Jakmania Cinta Damai

Jakmania saat laga Persija vs JDT
Jakmania saat laga Persija vs JDT Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan
Hari yang ditunggu-tunggu oleh The Jakmania akhirnya tiba juga. Pada Rabu (10/7/2019) ini, Persija Jakarta bakal menjamu Persib Bandung di Stadion Utama Gelora Bung Karno.
ADVERTISEMENT
Bagi kubu 'Macan Kemayoran', laga kali ini terasa lebih spesial. Pasalnya, sudah sejak 2014 silam Persija tak pernah bisa menghadapi Persib di GBK.
Sulitnya menggelar laga melawan Persib di stadion termegah se-Tanah Air itu tak lepas dari rivalitas yang terjadi antara Jakmania dan Viking. Imbasnya, kepolisian enggan mengeluarkan izin keramaian guna mengantisipasi kericuhan.
Kaleidoskop 2018
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan naik pagar Balaikota untuk menyapa The Jakmania (15/12/2018). Foto: Helmi Afandi/kumparan
Meski demikian, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, percaya saat ini Jakmania telah dewasa. Kembali diizinkannya partai Persija vs Persib di GBK bisa menjadi pembuktian bahwa Jakmania sanggup menjadi tuan rumah yang baik.
"Alhamdulillah Persija kembali main di Jakarta. Kita ingin kesebelasan kesayangan kita bisa memenangkan pertandingan. Saya mengajak kepada seluruh warga, The Jak, mari kita tunjukkan bahwa kita bisa menjadi suporter yang baik. Suporter teladan, suporter yang kedatangannya menggelorakan semangat pemain sehingga membuat mereka bekerja lebih keras dan bertanding lebih hebat," ujar Anies.
ADVERTISEMENT
Anies juga mengimbau, laga Persija vs Persib nanti bisa dijadikan pembuktian bagi Jakmania bahwa mereka kini telah berubah. Dengan demikian, stigma suporter yang identik dengan kekerasan pun bisa dihilangkan.
"Insya Allah dengan dorongan The Jak, Persija bisa memenangi pertandingan, sambil kita tunjukkan The Jak cinta damai. Kehadirannya bisa membuat suasana menjadi teduh--bersemangat, tapi teduh--menggerakkan, tapi membuat tenang. Ini yang sama-sama kita ingin tunjukkan dan buktikan kepada dunia: The Jak bisa jadi tuan rumah yang baik," ucap Anies.
"Dan masih kita tunjukkan kepada semua bahwa pertandingan bisa dimenangi dengan bersih. Penonton datang dengan perasaan semangat, pulang dengan senang, dan kesebelasan kita, Persija, Insya Allah bisa menang. Mari kita tunjukkan kepada semua, Jakarta aman, tertib, damai sebagai tuan rumah saat Persija bertanding di kandang sendiri," tandasnya.
ADVERTISEMENT
Sepak mula pertandingan Persija vs Persib akan berlangsung pukul 15:30 WIB. Mengingat tensi tinggi pertandingan ini, pihak kepolisian menerapkan pengamanan berlapis, termasuk menurunkan belasan ribu personel.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan