kumparan
search-gray
Bola & Sports24 Juni 2019 11:17

ASEAN Resmi Ikut Bidding Tuan Rumah Piala Dunia 2034

Konten Redaksi kumparan
ASEAN Resmi Ikut Bidding Tuan Rumah Piala Dunia 2034 (73047)
Trofi Piala Dunia. Foto: REUTERS/Carlos Barria
Dua tahun lalu, pada 23 September 2017, Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) menggelar Council Meeting di Nusa Dua, Bali. Pada kesempatan itu menelurkan putusan bahwa Indonesia dan Thailand mengajukan diri sebagai dua negara tuan rumah Piala Dunia 2034.
ADVERTISEMENT
Berselang dua tahun, putusan tersebut kini kembali mengemuka saat para pimpinan negara Asia Tenggara bersua. Jika semula dua negara saja yang mengajukan diri sebagai tuan rumah, maka pada pertemuan yang digelar di Bangkok, Minggu (24/6) lalu, Perdana Menteri Thailand, Prayuth Chan-ocha, mengumumkan bahwa negara-negara Asia Tenggara bakal mengajukan pencalonan dalam bursa tuan rumah gelaran Piala Dunia 2034.
"Para kepala negara telah menyatakan dukungan mereka supaya kawasan ASEAN menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA pada 2034, jika mungkin," kata Prayuth seperti dilansir FoxSportsAsia.
"Saya ingin mengajak seluruh penduduk ASEAN untuk mendukung asosiasi persepakbolaan di negara masing-masing untuk mewujudkan mimpi ini," lanjutnya.
Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, Vietnam, dan Brunei adalah 10 negara yang menjadi bagian dari ASEAN dan akan meluncurkan tawaran resmi untuk menjadi tuan rumah bersama Piala Dunia 2034.
ADVERTISEMENT
Bicara Thailand dan Indonesia, kedua negara ini sudah terlebih dahulu mencalonkan diri tuan rumah sebagai Piala Dunia U-20 pada 2020 mendatang. Khusus Indonesia, PSSI selaku federasi sepak bola Tanah Air, bahkan sudah melampirkan proposal pada FIFA untuk mengajukan bidding tuan rumah Piala Dunia U-20. Sementara, Thailand memilih mencalonkan diri dengan bergabung bersama Myanmar.
Jika ditarik mundur, sebenarnya ini bukan pertama kali Indonesia ingin mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia. Beberapa tahun silam, Indonesia juga pernah mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022 tetapi terhenti karena terkendala persyaratan yang diminta FIFA.
Indonesia bersama Thailand sebelumnya juga pernah menyelenggarakan turnamen besar, yakni Piala Asia 2007. Tak hanya mereka, dua negara Asia Tenggara lain juga ditunjuk sebagai tuan rumah yakni Vietnam dan Malaysia.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white