kumparan
3 Agu 2018 16:15 WIB

Asian Games: Apa Saja Fasilitas di Sekitar Stadion Patriot?

Stadion Patriot Bekasi. (Foto: Flickr)
Stadion Patriot Candrabaga menjadi salah satu dari empat stadion yang akan digunakan untuk cabang olah raga sepak bola di Asian Games 2018. Di sinilah, Timnas Indonesia U-23 akan mengarungi empat pertandingan Grup A melawan Hong Kong, Palestina, Taiwan, dan Laos.
ADVERTISEMENT
Sebagai venue pesta olahraga se-Asia, Stadion Patriot tidak cuma menawarkan sejumlah keunggulan melalui fasilitas internal, mulai dari kapasitas 30 ribu kursi sampai rumput impor bernama zoysia. Ada pula beberapa fasilitas umum di sekitar stadion untuk suporter yang akan mendukung anak-anak asuh Luis Milla.
Karena terletak di pusat Kota Bekasi, Stadion Patriot praktis berada di dekat beberapa pusat perbelanjaan dan transportasi umum. Tersedia pula berbagai opsi transportasi umum untuk mencapai stadion. Hal-hal tersebut memang telah ditetapkan sebagai syarat venue oleh Panitia Pelaksana Asian Games atau INASGOC. Demikian penuturan Kepala Pengelola Stadion Patriot, Endang Tohari.
"Pertama untuk masalah transportasi dulu. Menuju ke sini ada beberapa kemudahan. Untuk pengunjung atau penonton, katakanlah, jika menggunakan kendaraan pribadi bisa menggunakan jalur tol dan ke luar di pintu Tol Bekasi," ujar Endang ketika berbincang kumparanBOLA.
ADVERTISEMENT
Peraturan ganjil genap di pintu tol Bekasi Barat. (Foto: Iqbal Firdaus/kumparan)
"Kalau pengendara sepeda motor beberapa titik juga sudah dikoordinasikan dengan Kapoleres Bekasi rekayasanya seperti apa. Nanti tanggal 8 Agustus akan disampaikan. Dan selain itu, ada KRL juga yang hanya berjarak 2 kilometer dari stadion dan untuk akses setelahnya bisa pakai ojek aplikasi mungkin, angkot, dan becak kayu," tuturnya menjelaskan.
Tidak cuma memanjakan pengunjung, tetapi juga atlet yang berpartisipasi. Kata Endang, penyelenggaraan laga di Stadion Patriot juga ditunjang dengan dua fasilitas utama untuk atlet, yakni penginaman dan rumah sakit. Khusus rumah sakit, ada empat yang nantinya bisa digunakan, yakni Rumah Sakit Mitra Keluarga, Hermina, Global, dan Rumah Sakit Umum Kota Bekasi.
"Penginapan itu utamanya, ya. Untuk tim-tim yang bertanding di Stadion Patriot, ada Hotel Horison dan Hotel Aston yang disiapkan INASGOC. Dan untuk jaraknya, saya kira, juga tak terlalu jauh," kata Endang.
ADVERTISEMENT
Suporter Indonesia di Stadion Patriot Candrabaga (Foto: Aditia Noviansyah/kumparan)
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan