kumparan
26 Agustus 2018 1:02

Assist Cristiano Ronaldo Hiasi Kemenangan Juventus atas Lazio

Juventus
Ronaldo sumbang assist untuk Mandzukic. (Foto: Marco BERTORELLO / AFP)
Tiga poin sukses diraih Juventus saat mengandaskan perlawanan Lazio 2-0, Sabtu (25/8/2019) malam WIB, pada pentas Serie A pekan kedua di Juventus Stadium. Sepasang gol kemenangan 'Si Nyonya Tua' lahir dari Miralem Pjanic dan Mario Mandzukic.
ADVERTISEMENT
Dengan kemenangan ini Juve makin mengukuhkan posisinya sebagai pemuncak klasemen sementara, sekaligus menjadi tim pertama yang sukses mengemas dua kemenangan beruntun. Sementara catatan negatif tersebut membuat Lazio terperosok ke urutan 19.
Massimiliano Allegri sedang tengah meramu formasinya demi menunjang performa Cristiano Ronaldo. Itulah mengapa Paulo Dybala, Douglas Costa, dan Juan Cuadrado kali ini ditepikan. Pelatih kelahiran Livorno itu memilih Mario Mandzukic dan Federico Bernardeschi untuk mengisi garda terdepan.
Sedangkan Lazio yang baru mengalami catatan negatif setelah kalah 1-2 dari Napoli, melakukan sedikit perubahan komposisi pemain. Milan Badelj yang menjadi starter pekan lalu digantikan oleh Lucas Leiva. Sementara, Ciro Immobile, Luis Alberto, Sergej Milinkovic-Savic masih jadi tumpuan Simone Inzaghi.
ADVERTISEMENT
Garis pertahanan Lazio yang rendah membuat Juve kesulitan untuk menjebol gawang mereka. Belum lagi dengan kehadiran Leiva yang diutus untuk melindungi konstelasi tiga bek yang diusung Inzaghi.
Mau tak mau, tendangan jarak jauh jadi opsi untuk membongkar pertahanan Lazio. Adalah Pjanic yang muncul sebagai pemecah kebuntuan di menit 30. Mantan penggawa AS Roma itu melepaskan tendangan jarak jauh yang tak mampu dijangkau Thomas Strakosha. Sebelumnya, Sami Khedira nyaris saja membawa Juve unggul lebih dulu di menit 19. Sayang, tembakan jarak dekatnya masih membentur mistar gawang.
Lazio sendiri bukannya tanpa peluang. Di menit 10, mereka sempat mengancam gawang Juve melalui tendangan jarak jauh Senad Lulic. Akan tetapi, Wojciech Szczesny mampu menepis tendangan penggawa asal Bosnia dan Herzegovina tersebut.
ADVERTISEMENT
Mampetnya daya gedor Lazio tak terlepas dari tumpulnya Immobile sebagai ujung tombak. Topskorer Serie A musim lalu itu --bersama Mauro Icardi-- telah empat kali kehilangan penguasaan bola dan hanya mampu melepaskan sebiji tembakan.
Lazio masih belum mampu lolos dari tekanan setelah turun minum. Aliran bola ke Immobile masih minim. Alberto yang diplot untuk bergerak dinamis juga tak cukup efektif. Inzaghi kemudian bereaksi dengan memasukkan dua pemain sekaligus: Badelj dann Joaquin Correa.
Sementara itu, sektor depan Juve sebenarnya juga tak cukup menyengat. Dua kali peluang yang didapat Ronaldo hingga menit 60 tak ada satupun yang mengenai sasaran.
Itulah mengapa Allegri menukar Bernardeschi dengan Douglas Costa, yakni untuk memperkaya varian serangan dari sisi sayap. Kesempatan emas kembali didulang Ronaldo di menit 70. Akan tetapi Strakosha menggagalkannya lewat penyelamatan gemilang.
ADVERTISEMENT
Tak ada rotan akar pun jadi. Kendati gagal mencetak angka, Ronaldo sukses berkontribusi langsung atas gol kedua Juve di menit 70. Bola pantulannya setelah menerima umpan mendatar Joao Cancelo, sukses diakhiri dengan baik oleh Mandzukic.
Hingga wasit Massimiliano Irrati meniup peluit akhir, tak ada lagi gol yang tercipta. Lazio masih kesulitan untuk mengembangkan permainan mereka. Juve keluar sebagai pemenang dengan skor akhir 2-0.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan