Bagaimana Formasi Persija Usai Syahrian Abimanyu & Makan Konate Datang?

12 Januari 2022 19:18
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Syahrian Abimanyu direkrut Persija. Foto: Persija
ADVERTISEMENT
Persija tampil tak mengesankan di putaran pertama Liga 1 2021/22. Mereka cuma meraih enam kemenangan dan lima kali imbang dari 17 pertandingan yang dimainkan.
ADVERTISEMENT
Oleh sebab itu, Persija berbenah mengarungi putaran kedua. Tiga gelandang didatangkan untuk menambah kekuatan 'Macan Kemayoran'. Keputusan untuk mendatangkan gelandang memang tak mengherankan.
Pasalnya, Persija memang kekurangan sosok yang bisa menjadi kreator serangan. Rohit Chand yang lebih apik dalam aspek bertahan 'dipaksa' untuk maju lebih ke depan. Selebihnya, Braif Fatari dan Osvaldo Haay yang kerap dimainkan di belakang penyerang kurang berfungsi dengan apik.
Di pertengahan musim Liga 2021/22, Persija mendatangkan Ahmad Bustomi, Makan Konate, dan yang mengejutkan Syahrian Abimanyu. Kehadiran ketiganya bisa mengisi kekurangan Persija di sektor tengah.
Pola 4-2-3-1 yang bisa diterapkan Angelo Alessio rasanya akan pas dengan kehadiran tiga pemain tersebut. Rohit Chand dan Syahrian akan berkolaborasi di poros ganda.
Pemain Persija Jakarta Makan Konate dan Marco Simic menghadang pemain Persipura Nelson Alom dalam pertandingan sepak bola Liga 1 di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar Bali, Selasa (11/1/2022). Foto: Nyoman Budhiana/Antara Foto
Rohit akan bertugas sebagai pemotong serangan lawan. Daya jelajah serta kemampuan intersep yang apik membuat pemain Nepal itu dipercaya mampu melindungi para pemain belakang Persija.
ADVERTISEMENT
Mengutip situs PT LIB, Rohit mencatatkan 69 intersep di musim ini. Jumlah tekelnya juga mencapai 25 dan sapuannya sebanyak tujuh kali.
Nah, Rohit bisa ditandemkan dengan Syahrian. Kemampuan Syahrian yang baik untuk memberikan umpan bisa membantu mengalirkan serangan-serangan Persija. Selain memberikan umpan, Syahrian akan bertugas membantu Konate dalam menginisiasi serangan.
Bersama Timnas di tiga kualifikasi Piala Dunia 2022, Syahrian bisa mencatatkan passing sukses yang banyak. Total ada 55 passing sukses yang dibuat Syahrian saat membela Timnas Indonesia melawan Vietnam, Thailand, dan Uni Emirat Arab.
Pemain Persipura Ferinando Pahabol (tengah) berdoa setelah timnya berhasil mengalahkan Persija Jakarta pada pertandingan sepak bola Liga 1 di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar Bali, Selasa (11/1/2022). Foto: Nyoman Budhiana/Antara Foto
Duet Rohit dan Syahrian juga memiliki pelapis yang sepadan. Tony Sucipto dan Ahmad Bustomi bisa mengisi pos keduanya di lini tengah Persija. Tony kuat dalam bertahan dan Bustomi apik dalam menginisiasi serangan.
ADVERTISEMENT
Di belakang penyerang, Persija bisa mengandalkan Makan Konate. Pemain asal Mali itu tak cuma piawai memberikan assist, tetapi juga bisa mencetak gol dan memecah kebuntuan.

Berikut perkiraan formasi Persija usai kehadiran Syahrian Abimanyu dan Makan Konate.

Persija 4-2-3-1: Andritany Ardhiyasa; Marco Motta, Otavio Dutra, Maman Abdurahman, Novri Setiawan; Syahrian Abimanyu, Rohit Chand; Riko Simanjuntak, Makan Konate, Osvaldo Haay; Marko Simic.