kumparan
3 November 2019 7:27

Bayern Muenchen Dibabat Eintracht Frankfurt 1-5

Niko Kovac
Kovac meratapi kekalahan telak timnya dari Frankfurt. Foto: Michael Dalder
Kiprah Bayern Munchen di Bundesliga pekan ke-10 amburadul. Mereka keok di kandang Eintracht Frankfurt, Sabtu (2/11/2019). Tak tanggung-tanggung, Manuel Neuer cs. kalah dengan skor 1-5.
ADVERTISEMENT
Bagi Bayern sang raja Bundesliga, ini jelas sebuah kekalahan memalukan. Itu sekaligus jadi kekalahan terbesar mereka sejak keok dengan skor serupa dari Wolfsburg 10 tahun silam.
Lantas bagaimana Bayern bisa ditumpas dengan skor telak oleh Frankfurt?
Begini, Bayern mesti bermain dengan 10 orang pemain saat laga baru berjalan 9 menit. Adalah Jerome Boateng yang diusir oleh wasit Markus Schmidt usai melanggar Goncalo Paciencia. Bayern keteteran setelahnya. Hal itu diakui oleh Niko Kovac selepas laga.
"Kami memulai dengan baik, tetapi semua yang kami rencanakan berantakan setelah delapan menit. Sulit untuk tampil 80 menit lebih hanya dengan 10 orang pemain di Frankfurt," kata Kovac dilansir situs resmi klub.
ADVERTISEMENT
Frankfurt benar-benar berhasil memanfaatkan keunggulan jumlah pemain. Lewat Filip Kostic, mereka mencetak gol pembuka di menit 25. Delapan menit berselang, Djibril Sow berhasil membuat Commerzbank Arena bersorak lewat sepakan kaki kanannya.
Robert Lewandowski sempat memangkas margin usai mencetak gol balasan di menit 37. Namun, hanya itulah satu-satunya gol yang dicetak Bayern pada laga tersebut.
Sebaliknya, Frankfurt sukses menambah pundi-pundi golnya di babak kedua lewat bantuan David Abraham, Martin Hinteregger, dan Paciencia.
"Saya pikir kami melakukannya dengan baik di babak pertama. Meski mereka mencetak dua gol, kami berhasil membalas satu gol dan memegang kendali permainan. Akan tetapi, kemudian kami kembali kebobolan empat menit ketiga setelah rehat," lanjut Kovac.
ADVERTISEMENT
Kovac bukannya tanpa reaksi. Pelatih asal Kroasia itu memasukkan Kingsley Coman untuk menambah daya gedor, serta menurunkan Javi Martinez dan Leon Goretzka demi menyeimbangkan area sentral. Sayang, rencana itu tak berjalan mulus.
"Tentu saja kami tidak boleh kalah 5-1 di sini. Performa kami hari ini bukanlah seperti yang kami harapkan. Pertandingan berjalan tidak seperti yang kami inginkan," ujar Kovac.
Eintracht Frankfurt vs Bayern Muenchen
Ekspresi kekecewaan Kimmich saat timnya dibungkam Frankfurt. Foto: Ralph Orlowski
Kekalahan ini membuat Bayern terlempar ke peringkat keempat klasemen sementara Bundesliga. Mereka digusur Borussia Dortmund dan RasenBallsport Leipzig yang berhasil mengalahkan lawan-lawannya. Klub yang disebut belakangan bahkan berhasil memukul Mainz 05 delapan gol tanpa balas.
Sementara tampuk puncak klasemen masih berada di tangan Borussia Moenchengladbach yang sukses mengandaskan Bayer Leverkusen 2-1 di BayArena.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan