Bola & Sports
·
21 Oktober 2019 12:39

Berkat Keita, Liverpool Batal Kalah dari Manchester United

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Berkat Keita, Liverpool Batal Kalah dari Manchester United (53719)
Naby Keita (kiri) masuk menggantikan Mohamed Salah. Foto: Paul ELLIS / AFP
Hampir saja Liverpool menelan kekalahan dari Manchester United di Old Trafford, Minggu (20/10/2019) malam WIB. Beruntung bagi pasukan Juergen Klopp itu, pertandingan ini pada akhirnya berakhir 1-1 berkat hadirnya Naby Keita.
ADVERTISEMENT
Keita sendiri baru tampil pada menit ke-82, dan sebelumnya lini tengah Liverpool mengalami stagnansi. Menariknya, dalam kurun waktu yang sangat singkat, kontribusi eks gelandang RB Leipzig ini bisa setara atau lebih baik dari sejumlah gelandang Liverpool.
Dalam urusan ball-recovery, Keita sudah melakukan 4 kali seperti Jordan Henderson. Gelandang berusia 24 tahun ini juga melepas 22 umpan berhasil dari total 25 percobaan.
Nah, 8 umpan Keita itu mengarah ke final third lawan, dan ini jelas mengungguli Georginio Wijnaldum (7) dan Alex Oxlade-Chamberlain (6). Perlu diingat juga, Keita sudah melepas 2 umpan kunci dalam 8 menit aksinya saat melawan United.
Berkat kontribusi Keita, alur serangan Liverpool pun menjadi lancar. Pada akhirnya, gol pun tercipta pada menit ke-85.
ADVERTISEMENT
Gol ini sendiri bermula dari umpan Fabinho Tavares kepada Keita di dekat kotak penalti lawan. Kemudian gelandang berkebangsaan Guinea itu mendribel bola ke tengah dan para pemain United terlihat fokus untuk menutup jalur operan ke tengah.
Sempat menahan bola sebentar, Keita tiba-tiba melancarkan umpan ke sisi kiri lapangan. Para pemain United kaget, sementara Andrew Robertson menerima bola, melepas umpan ke kotak penalti dan Adam Lallana membikin gol dengan sekali sentuh.
Soal kontribusi Keita ini, Juergen Klopp sudah menyadarinya. Sosok yang telah mengarsiteki Liverpool sejak 2015 ini pun memuji Keita, karena mampu memberikan impak besar dengan melakukan hal-hal yang terlihat sederhana.
"Kehadiran Naby [Keita] begitu membantu kami. Dia datang paling akhir, tetapi impaknya sangat terasa. Umpannya terlihat sepele, tetapi hasilnya tak boleh dipandang sebelah mata. Karena dia mengkreasikan gol," puji Klopp, dilansir Liverpool Echo.
ADVERTISEMENT
"Dia sadar tak bisa melancarkan umpan lambung ke kotak penalti, jadi dia melepas umpan ke Robbo [panggilan Robertson]. Detail-detail kecil seperti itu penting dalam sepak bola," lanjut eks pelatih Borussia Dortmund itu.
Setelah menderita cedera panjang di ujung musim lalu, Keita seperti harus menekan tombol restart musim ini. Di ajang Premier League dan Liga Champions, dia baru tampil selama 9 menit.
Namun, dengan berpendarnya Keita di laga sebesar North West Derby, bukannya tak mungkin jam terbangnya bakal meningkat drastis pada musim ini.