Cody Gakpo Resmi Merapat ke Liverpool, Harga Dirahasiakan

27 Desember 2022 5:39
·
waktu baca 2 menit
comment
3
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Cody Gakpo Belanda merayakan gol pertama mereka  pada pertandingan Grup A Piala Dunia 2022 Qatar di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar. Foto: Kai Pfaffenbach/Reuters
zoom-in-whitePerbesar
Cody Gakpo Belanda merayakan gol pertama mereka pada pertandingan Grup A Piala Dunia 2022 Qatar di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar. Foto: Kai Pfaffenbach/Reuters
Teka-teki ke mana perginya Cody Gakpo akhirnya terkuak sudah. PSV Eindhoven mengumumkan telah resmi melepas sang pemain ke klub Liga Inggris, Liverpool.
Hal tersebut diketahui melalui pernyataan resmi klub pada Selasa (27/12) dini hari WIB. Kedua pihak sudah mencapai kesepakatan dan Gakpo akan segera terbang ke Inggris untuk menjalani tes medis.
Namun demikian, PSV dan Liverpool enggan mengumumkan berapa nilai transfer Gakpo. Yang jelas, PSV menyatakan nilainya memecahkan rekor transfer klub.
Pemain PSV Eindhoven Cody Gakpo berusaha merebut bola daripemain  Arsenal Fabio Vieira pada pertandingan lanjutan Grup A Liga Europa di Stadion Philips , Eindhoven, Belanda. Foto: Piroschka Van De Wouw/REUTERS
zoom-in-whitePerbesar
Pemain PSV Eindhoven Cody Gakpo berusaha merebut bola daripemain Arsenal Fabio Vieira pada pertandingan lanjutan Grup A Liga Europa di Stadion Philips , Eindhoven, Belanda. Foto: Piroschka Van De Wouw/REUTERS
"PSV dan Liverpool FC telah mencapai kesepakatan tentang usulan transfer Cody Gakpo," tutur Marcel Brands selaku General Manager PSV dalam pernyataan resmi.
"Penyerang berusia 23 tahun itu akan berangkat ke Inggris dalam waktu dekat di mana dia akan menjalani formalitas yang diperlukan sebelum penyelesaian transfer,"
"Kedua klub tidak membuat pengumuman apa pun tentang biaya transfer. Tapi ini adalah rekor transfer untuk PSV," tutup pernyataan tersebut.
Dilaporkan oleh pakar transfer sepak bola Eropa, Fabrizio Romano, Liverpool membayar 37 juta poundsterling atau setara dengan Rp 695,8 miliar untuk jasa Gakpo.
Selebrasi pemain Timnas Belanda Cody Gakpo usai mencetak gol ke gawang Timnas Qatar pada pertandingan Grup A Piala Dunia 2022 Qatar di Stadion Al Bayt, Al Khor, Qatar. Foto: John Sibley/REUTERS
zoom-in-whitePerbesar
Selebrasi pemain Timnas Belanda Cody Gakpo usai mencetak gol ke gawang Timnas Qatar pada pertandingan Grup A Piala Dunia 2022 Qatar di Stadion Al Bayt, Al Khor, Qatar. Foto: John Sibley/REUTERS
Akan tetapi, nilai tersebut belum beserta tambahan lainnya. Diperkirakan Liverpool membayarkan 50 juta poundsterling atau setara Rp 940,3 miliar.
Nama Gakpo sebelumnya gencar dikaitkan dengan Chelsea dan Manchester United. Pemain 23 tahun tersebut memang tengah naik daun, terlebih setelah Piala Dunia 2022.
Selama di Qatar, Gakpo selalu menjadi andalan Louis van Gaal. Ia main lima laga dengan mencatatkan tiga gol, Belanda tersingkir di babak perempat final usai kalah adu penalti dari Argentina.
Sementara di level klub, Gakpo sudah mencatatkan 24 penampilan bersama PSV di lintas ajang. Pemain yang berposisi sebagai winger itu mengoleksi 13 gol dan 17 assist.