kumparan
30 Januari 2019 4:51

Coppa Italia: Piatek Buka Rekening Gol, Milan Berjaya atas Napoli

AC Milan vs Napoli, Kryzstof Piatek
Selebrasi Kryzstof Piatek setelah mencetak membuka rekening gol untuk Milan. (Foto: Dok. AC Milan)
Dengan menurunkan banyak pemain muda, AC Milan berhasil meraih kemenangan 2-0 atas Napoli dalam pertandingan perempat final Coppa Italia di San Siro, Rabu (30/1/2019) dini hari WIB. Seluruh gol I Rossoneri pada laga ini disumbangkan striker baru mereka, Kryzstof Piatek.
ADVERTISEMENT
Ada tujuh pemain dengan usia di bawah 25 tahun menghiasi susunan kesebelasan tim yang telah tujuh kali juarai Liga Champions itu dalam kerangka formasi 4-3-3.
Gianluigi Donnarumma dipercaya mengawal gawang Milan, sementara Alessio Romagnoli dan Matteo Mussachio menjadi bek tengah. Jika Diego Laxalt menjadi full-back kiri, maka Ignazio Abate mengisi pos full-back kanan.
Tiemoue Bakayoko ditugaskan menjadi gelandang bertahan, lalu Franck Kessie berada di depannya dengan peran gelandang box-to-box. Sementara, Lucas Paqueta dipercaya menjadi gelandang pengatur tempo Milan.
Di sayap kiri dan kanan, ada Fabio Borini dan Samu Castillejo dan Kryzstof Piatek menjadi striker tunggal. Demi mengimbangi lawan, Napoli menurunkan beberapa pemain terbaiknya dalam skema 4-4-2, termasuk Lorenzo Insigne yang diduetkan dengan Arkadiusz Milik di depan.
ADVERTISEMENT
Meski hanya menguasai 41% penguasaan bola, jalannya babak pertama dikontrol penuh Milan. Mereka unggul dalam urusan bertahan dan menyerang selama kurun waktu tersebut.
AC Milan vs Napoli, Kryzstof Piatek
Proses terciptanya gol kedua Kryzstof Piatek ketika melawan Napoli. (Foto: Dok. AC Milan)
Ketika diserang, Milan merapatkan jarak antarlini tak jauh dari kotak penalti. Langkah ini membuat Napoli sangat jarang sampai ke kotak penalti lawan, utamanya karena tim berjuluk Partonepei itu sangat bergantung dengan Insigne dalam urusan menciptakan dan menyelesaikan peluang.
Sehingga, setelah babak pertama tuntas, diketahui bahwa Napoli melancarkan 8 tembakan. Namun, hanya tiga yang tepat sasaran, dan itu pun tak membuat Donnarumma kesulitan untuk menghentikannya.
Karena mengandalkan kerapatan ketika bertahan, Milan mengandalkan betul serangan balik cepat melalui umpan lambung dalam upaya mencetak gol. Melalui cara ini, Milan bisa melancarkan 4 tembakan selama babak pertama. Menariknya, dua di antaranya berakhir gol.
ADVERTISEMENT
Bahkan, gol Milan sudah muncul ketika laga baru berjalan 10 menit. Prosesnya bermula dari umpan lambung yang dilancarkan Laxalt dari kotak penalti Milan. Kemudian, Piatek berhasil lepas dari jebakan offside yang dipasang lini belakang Napoli.
Dengan kecepatan tinggi, Piatek berhasil menerima umpan Laxalt tak jauh dari kotak penalti. Setelahnya, striker berkebangsaan Polandia itu berhasil mencetak gol dalam skema satu lawan satu dengan kiper Alex Meret.
Gol kedua Milan tercipta dengan proses yang tak jauh beda. Bedanya, setelah menerima umpan lambung dari Lucas Paqueta, Piatek menggiring bola untuk melewati duet bek tengah Napoli, Kalidou Koulibaly dan Nikola Maksimovic, di kotak penalti lawan. Setelah itu, barulah mantan striker Genoa itu melancarkan tembakan berujung gol.
ADVERTISEMENT
Jalannya babak kedua tak jauh berbeda dengan babak pertama, tetapi tak ada gol lagi tercipta. Padahal, kedua tim sama-sama telah mengganti tiga pemainnya secara bertahap. Dengan begitu, Milan berhak melaju ke babak semifinal Coppa Italia berkat kemenangan ini.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan