kumparan
Bola & Sports19 Agustus 2018 1:13

Debut Ronaldo Bersama Juventus Berakhir dengan Tiga Poin

Konten Redaksi kumparan
Chievo Verona vs Juventus
Selebrasi gol pemain Juventus. (Foto: AFP/Isabella Bonotto)
Juventus dan Cristiano Ronaldo mengawali musim 2018/2019 dengan apik. Bertandang ke markas Chievo Verona, Stadion Marcantonio Bentegodi, dalam pekan pertama Serie A, Sabtu (18/8/2018) malam WIB, 'Si Nyonya Tua' menang dengan skor 3-2.
ADVERTISEMENT
Tiga gol Juventus dalam laga ini dicetak oleh Sami Khedira menit ke-3, gol bunuh diri Mattia Bani pada menit ke-75, dan Federico Bernardeschi menit ke-90 (+3). Sedangkan, sepasang gol Chievo dilesakkan oleh Mariusz Stepinski menit ke-38 dan Emanuele Giaccherini menit ke-55.
Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri, menggunakan pola 4-2-3-1 dalam pertandingan ini. Pola tersebut diikuti penampilan megabintang mereka, Cristiano Ronaldo, sebagai ujung tombak. Dia ditopang oleh Juan Cuadrado, Paulo Dybala, dan Douglas Costa, di lini kedua. Sedangkan, Sami Khedira dan Miralem Pjanic diutus sebagai poros di tengah.
Di kubu lain, pelatih Chievo, Lorenzo D'Anna, menerapkan skema 4-3-3. Emanuele Giaccherini, Mariusz Stepinski, dan Fabio Depaoli, jadi andalan D'Anna di depan. Di lini kedua, berdiri Perparim Hetemaj, Ivan Radovanovic, dan Nicola Rigoni.
ADVERTISEMENT
Komposisi yang diracik oleh Allegri langsung membuahkan hasil. Belum genap laga berjalan tiga menit, Juventus sudah dapat membuka keunggulan. Khedira menjadi protagonis. Pemain bernomor punggung 6 itu dapat mengonversikan bola hasil umpan Giorgio Chiellini di dalam kotak penalti lewat tembakan keras mendatar.
Gol tersebut tak lantas membuat permainan Juventus mengendur. Mereka terus menekan Chievo dari segala penjuru --jalur kanan, kiri, dan tengah. Akan tetapi, tekanan Juventus mengalami kebuntuan. Hal tersebut tak lepas dari keputusan Chievo yang menumpuk pemain di sekitar kotak penalti.
Meski begitu, Juventus beberapa kali mendapatkan peluang. Seperti yang terjadi pada menit ke-21. Peluang bermula dari serangan balik Juventus yang cepat. Cuadrado menggiring bola dari area tengah sampai ke dalam kotak penalti. Usahanya diakhiri dengan sebuah tendangan keras, tetapi bola masih melayang di atas mistar.
ADVERTISEMENT
Chievo dapat meyamakan kedudukan di menit ke-38. Berawal dari serangan balik di sisi kanan pertahanan Juventus, Giaccherini dapat melepaskan umpan silang. Bola yang melayang ke dalam kotak penalti Juventus dapat disambut Stepinski dengan sundulan. Bola pun masuk ke gawang Wojceich Szczesny.
Setelah itu, Juventus kembali menguasai jalannya laga dan terus melancarkan serangan. Berkali-kali mereka mendapatkan peluang, tetapi tak ada yang berujung gol. Skor 1-1 menutup paruh pertama.
Chievo Verona vs Juventus
Cristiano Ronaldo (Foto: AFP/Alberto Pizzoli)
Di babak kedua, Juventus masih dapat memegang kendali permainan. Serangan demi serangan terus mereka lancarkan. Lagi-lagi, rapatnya pertahanan Chievo membikin pasukan Allegri tersebut kesulitan masuk ke dalam kotak 16 dan melepaskan tembakan dengan akurat.
Menginjak menit ke-55, Joao Cancelo menghentikan Giaccherini dengan keras. Wasit pun menunjuk titik putih. Giaccherini yang ditunjuk sebagai eksekutor dapat menunaikan tugasnya dengan sempurna. Chievo unggul 2-1 atas Juventus.
ADVERTISEMENT
Ketinggalan, Juventus panas. Mereka meningkatkan agresivitas serangan. Dengan begitu, Juventus beberapa kali mendapatkan peluang. Sayangnya, kesempatan-kesempatan yang didapatkan Juventus berujung kegagalan. Salah satunya sepakan Ronaldo di dalam kotak 16 yang masih bisa diblok pemain belakang Chievo.
Juventus mampu menyamakan kedudukan di menit ke-75. Prosesnya bermula dari sepakan pojok. Federico Bernardeschi yang menjadi algojo dapat mengangkat bola dengan baik. Leonardo Bonucci sukses menyambut bola dengan kepalanya yang kemudian membentur Bani, sehingga masuk ke dalam gawangnya sendiri.
Pada menit ke-86, Mario Mandzukic dapat memasukan bola ke dalam gawang melalui sundulan. Akan tetapi, gol tersebut dianulir wasit lantaran bola lebih dulu menyentuh tangah Ronaldo. Keputusan itu diambil setelah wasit melihat tayangan ulang.
ADVERTISEMENT
Kendati begitu, Juventus dapat menutup laga ini dengan kemenangan usai Bernardeschi dapat mencatatkan namanya di papan skor pada masa injury time. Bernardeschi mampu menyundul bola hasil umpan Alex Sandro di sisi kanan pertahanan Chievo. Skor pun berubah menjadi 3-2 untuk kemenangan Juventus.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan