kumparan
16 Jan 2019 6:07 WIB

Diego Simeone Cuek terkait Isu Kepindahan Morata ke Atletico Madrid

Simeone memberi instruksi para pemainnya pada pertandingan menghadapi Monaco. (Foto: Reuters/Sergio Perez)
Jendela transfer musim dingin masih terbuka. Artinya, tim-tim Eropa masih berkesempatan untuk menambah daya dalam skuat mereka, tak terkecuali Atletico Madrid. Alvaro Morata jadi nama yang paling banter diisukan merapat ke Atletico pada bursa transfer kali ini. Sebuah langkah yang logis bagi mereka mengingat meningkatnya kebutuhan akan seorang penyerang.
ADVERTISEMENT
Meski begitu, Diego Simeone enggan berbicara banyak tentang niatan Atletico untuk memboyong striker Chelsea tersebut. Pelatih berkebangsaan Argentina itu beralasan bila dirinya tak punya kuasa untuk memilih dan mendatangkan pemain anyar.
"Apa yang terjadi di pasar transfer biarlah terjadi, terlepas dari seberapa banyak yang saya inginkan atau tidak. Saya cuma menuntun tim di tiap pertandingan, dari sesi latihan ke sesi pelatihan, dan tidak terlibat dengan masalah lain (termasuk transfer), kata Simeone dilansir Marca.
Morata merayakan gol ke gawang Crystal Palace. (Foto: Reuters/Matthew Childs)
Morata dikabarkan tak keberatan andai mengalami penurunan upah jika bergabung bersama Atletico nantinya. Namun, bukan cuma itu masalahnya. Enrique Cerezo selaku Presiden Atletico Madrid bakal melego pemain lebih dulu sebelum menggamit penggawa anyar demi memangkas anggaran gaji klub.
ADVERTISEMENT
Sementara dari segi kebutuhan, tinggi urgensi Atletico untuk mendatangkan penyerang anyar mengingat minimnya produktivitas mereka di musim ini. Rata-rata cuma 1,4 gol yang berhasil dibukukan Atletico di pentas La Liga. Jumlah itu masih kalah dari Celta Vigo, penghuni peringkat 17, yang mengemas rata-rata 1,6 gol di tiap pertandingan.
Parahnya lagi, Atletico tak bisa melepaskan candu akan sosok Antoine Griezmann. Tercatat 5 gol terakhir Los Colchoneros di lintas ajang lahir dari mantan pemain Real Sociedad tersebut. Bila ditotal, sudah 9 gol yang dikemas Griezmann di La Liga musim ini, atau sepertiga dari keseluruhan gol Atletico.
Hal ini tak terlepas dari mandulnya Nikola Kalinic dan Angel Correa sebagai alternatif penyerang karena baru mengemas masing-masing 2 gol di La Liga. Apesnya lagi, Diego Costa tak bisa diturunkan karena masih mengalami cedera.
ADVERTISEMENT
Duet Antoine Griezmann dan Diego Costa. (Foto: Reuters/Juan Medina)
Simeone kemudian menegaskan bahwa prioritasnya saat ini bukan soal kebijakan transfer, melainkan untuk mengantar Atletico menuntaskan Girona di leg kedua babak 16 besar Copa del Rey, Kamis (17/1/2019) dini hari WIB.
"Tentang pentingnya transfer pemain bagi saya, itu tidak tergantung pada saya, satu-satunya hal yang tergantung pada saya sekarang adalah (melawan) Girona."
Well, Atletico harus melewati hadangan Girona untuk lolos ke babak perempat final Copa del Rey. Bukan misi yang mudah mengingat klub asal Catalan itu berhasil menahan imbang mereka pada leg pertama di Montilivi. Oh, iya, jangan lupakan juga bila Girona tak pernah takluk dari Atletico dalam empat perjumpaan terkahir mereka di lintas ajang.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan