kumparan
Bola & Sports5 Mei 2019 21:56

Ditahan Huddersfield, Man United Gagal Tembus Empat Besar

Konten Redaksi kumparan
Man United vs Huddersfield
Pertandingan Premier League antara Manchester United dan Huddersfield Town Foto: Reuters/Jason Cairnduff
Misi Manchester United untuk menembus empat besar mesti berakhir dengan kegagalan, setelah mereka ditahan imbang Huddersfield Town dengan skor 1-1 di laga pekan ke-37 Premier League, Minggu (5/5/2019) WIB.
ADVERTISEMENT
Gol United di laga ini dicetak oleh Scott McTominay (8'). Sementara, gol Huddersfield diciptakan oleh Isaac Mbenza (60').
Hasil ini membuat United tertahan di peringkat enam dengan total 66 poin dari 37 laga. Dengan satu laga tersisa, United tak mungkin lagi mengejar Tottenham Hotspur yang sampai saat ini berada di peringkat empat dengan 70 poin.
***
Ole Gunnar Solskjaer masih menggunakan skema 4-3-1-2 yang ia terapkan di laga melawan Chelsea (28/4) lalu. Yang berbeda hanya susunan pemainnya.
Di laga melawan Huddersfield, Alexis Sanchez diberi kesempatan untuk menjadi starter. Sanchez berduet dengan Marcus Rashford, dan disokong oleh Juan Mata di belakangnya. Scott McTominay, Nemanja Matic, dan Paul Pogba berdiri sejajar di belakang Mata. Sementara, Luke Shaw, Phil Jones, Victor Lindeloef, dan Ashley Young melindungi sang kiper, David de Gea.
ADVERTISEMENT
United memulai pertandingan dengan tanpa cela. Hanya selang delapan menit dari sepak mula, McTominay berhasil memberikan keunggulan bagi timnya. Tendangan kaki kiri gelandang muda tersebut tak mampu dibendung oleh kiper Huddersfield, Jonas Loessl.
Kendati begitu, gol cepat McTominay ini tak serta merta membuat United nyaman. Memang, ‘Sang Iblis Merah’ mendominasi bola. Namun, Huddersfield, yang sudah terdegradasi, sanggup untuk merepotkan Jones dkk.
Satu pemain Huddersfield yang cukup menyulitkan United adalah Leandro Bacuna. Pemain sayap berpaspor Belanda ini dua kali berhasil mengancam United di menit ke-24 dan ke-39. Sayang, tendangan pertamanya melebar, dan sepakan keduanya masih mampu ditepis De Gea.
United juga memiliki peluang emas. Salah satunya datang dari Pogba di menit ke-42. Gelandang asal Prancis ini berhasil menyambut umpan silang Mata, tetapi sundulannya masih membentur mistar gawang. Pada akhirnya, tak ada gol tambahan yang tercipta di babak pertama.
ADVERTISEMENT
Man Utd vs Huddersfield
Pencetak gol Manchester United ke gawang Huddersfield, Scott McTominay. Foto: Reuters/Jason Cairnduff
Memasuki babak kedua, tempo pertandingan cukup melambat. United tampak menginjak rem dan tak berminat untuk mencetak gol kedua. Di satu sisi, Huddersfield masih mencoba untuk memukul, tetapi tak disokong dengan kualitas yang mereka miliki.
Tak mampunya United menjaga intensitas berakibat buruk bagi mereka. Di menit ke-60, Huddersfield sukses mencetak gol penyama kedudukan.
Proses gol Huddersfield ini cukup menarik. Berawal dari tendangan penjuru United yang sia-sia, Loessl melepas tendangan gawang yang mengarah ke Mbenza. Penyerang asal Belgia itu berhasil mengontrol bola, meninggalkan pemain bertahan United. Akhirnya, Mbenza sukses menceploskan bola ke gawang De Gea.
Man Utd vs Huddersfield
Isaac Mbenza saat membobol gawang David de Gea. Foto: Reuters/Jason Cairnduff
Gol Mbenza ini berhasil memecut United. Namun, penyelesaian akhir Rashford dkk. terbilang buruk. Selain itu, Pogba kembali tidak beruntung setelah tendangannya jelang waktu normal berakhir membentur tiang.
ADVERTISEMENT
Di akhir pertandingan, angka 1-1 menghiasi papan skor, Huddersfield sukses memetik satu poin, dan United gagal menembus empat besar Premier League.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan