kumparan
search-gray
Bola & Sports30 Juli 2020 19:16

Diundur, Ini Jadwal Baru Piala AFF 2021

Konten Redaksi kumparan
Diundur, Ini Jadwal Baru Piala AFF 2021 (1210048)
Suporter Timnas Indonesia dalam penyisihan grub B Piala AFF 2018 melawan Timnas Timor Leste di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) telah resmi mengundurkan pelaksanaan Piala AFF 2020 ke 2021. Pandemi virus corona yang belum reda di sejumlah negara Asia Tenggara menjadi penyebabnya.
ADVERTISEMENT
Keputusan itu diambil setelah Komite Darurat AFF melakukan pertemuan secara online pada Kamis (30/7) ini. Dalam rapat yang dipimpin Presiden AFF, Khiev Sameth, diambil keputusan bahwa turnamen dua tahunan itu bakal ditunda sekaligus ditentukan tanggal baru pelaksanaannya pada tahun depan.
Wakil Presiden Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF), Tran Quoc Tuan, mengatakan keputusan pengunduran jadwal Piala AFF 2020 ke tahun depan diambil setelah melalui analisa dan evaluasi mendalam.
Meski demikian, Quoc Tuan mengakui pengunduran Piala AFF bukannya tanpa risiko. Pasalnya, banyak turnamen sepak bola di dunia akan berlangsung pada tahun depan seperti Piala Eropa, Piala CONCACAF, dan Olimpiade Tokyo.
Tak hanya itu, tahun depan juga akan menjadi penyelenggaraan SEA Games di Vietnam. Event olahraga terakbar se-Asia Tenggara itu direncanakan akan dilangsungkan pada akhir November hingga Desember 2021.
ADVERTISEMENT
Diundur, Ini Jadwal Baru Piala AFF 2021 (1210049)
Suporter Timnas Thailand memenuhi Rajamangala National Stadium, Bangkok, pada final putaran kedua AFF Suzuki Cup 2016, Sabtu (17/12). Foto: Aditia Noviansyah
“Setelah berdiskusi dan mengevaluasi keseluruhan jadwal pada 2021, Komite Darurat AFF menyetujui proposal untuk menyelenggarakan Piala AFF 2020 pada pertengahan April 2021. Proposal ini akan diberikan kepada Dewan AFF untuk disetujui,” ujar Quoc Tuan seperti dikutip dari media Vietnam, Thanh Nien, Kamis (30/7).
Sebelumnya, Plt. Sekjen PSSI, Yunus Nusi, mengaku AFF menawarkan Indonesia sebagai tuan rumah pada tahun depan. Akan tetapi, PSSI merasa berat karena harus fokus kepada perhelatan Piala Dunia U-20 2021 yang berlangsung pada Mei sampai Juni.
***
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white