kumparan
5 April 2019 11:53

Exco: Kas PSSI Memang Kosong, Tak Ada Pemasukan

Refrizal, Exco PSSI
Refrizal, Exco PSSI. Foto: Sandy Firdaus/kumparan
Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) memutuskan untuk menarik Timnas Putri Indonesia U-15 dari perhelatan Piala AFF 2019. Hal yang lebih menyedihkan ialah alasan di balik pengunduran diri tersebut karena kesulitan dana.
ADVERTISEMENT
Alasan tersebut diungkapkan oleh Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) melalui pernyataan resminya pada Jumat (5/4/2019). AFF mengaku mendapatkan informasi dari PSSI terkait pengunduran diri Timnas Putri U-15 karena kesulitan dana.
Terkait hal itu, Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Refrizal, tak menampik bahwa federasinya saat ini tengah dililit kesulitan dana. Ia bahkan mengakui bahwa saat ini uang kas PSSI kosong karena tak ada lagi pemasukan.
"Kalau masalah dana, memang kita (PSSI) lagi sulit. Enggak usah bohong-bohong deh. Tapi, kalau kita bilang kesulitan dana, nanti orang mau saweran, padahal itu menghina lho. Makanya kita enggak mau bilang kesulitan dana, padahal memang iya," ujar Refrizal ketika dihubungi kumparanBOLA, Jumat (5/4).
ADVERTISEMENT
Refrizal mengatakan sulitnya kondisi keuangan PSSI saat ini tak lepas dari situasi internal yang tak baik. Seperti diketahui, Joko Driyono yang menjabat sebagai plt Ketua Umum (Ketum) PSSI kini sudah berada di balik jeruji besi karena disangkakan atas perusakan barang bukti.
Polemik kemudian muncul terkait penetapan pengganti Jokdri--sapaan akrab Joko. Nama Gusti Randa sempat muncul sebagai plt Ketum PSSI, meski belakangan diketahui hanya sebagai pelaksana harian federasi. Tak berselang lama, giliran nama Iwan Budianto yang didaulat sebagai plt Ketum PSSI menggantikan Jokdri karena posisi sebelumnya sebagai Wakil Ketum PSSI.
Plt. Ketua Umum PSSI, Gusti Randa
Plt. Ketua Umum PSSI, Gusti Randa. Foto: Nugroho Sejati/kumparan
"Memang kasnya (PSSI) kosong. PSSI lagi diacak-acak begini, pemasukan dari mana? Sponsor juga sulit, meskipun sebenarnya bisa dapat, tapi 'kan kita ribut saja. Gusti Randa pengin ngetop aja sendiri. Katanya mau mikirin federasi? Coba dia (Gusti) bisa cari dana enggak?" kata Refrizal.
ADVERTISEMENT
Sejak kepengurusan baru di bawah pimpinan Edy Rahmayadi pada 2016 silam, ini merupakan kali pertama PSSI mundur dari sebuah kejuaraan. Timnas Putri U-15 sebelumnya sempat mengikuti Piala AFF pada 2017 dan 2018.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan