Bola & Sports
·
16 Juni 2020 13:45

Favre Minta Erling Haaland Mengerti jika Diistirahatkan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Favre Minta Erling Haaland Mengerti jika Diistirahatkan (173)
Jadon Sancho memeluk Erling Haaland usai mencetak gol ke gawang Fortuna Duesseldorf. Foto: REUTERS/Leon Kuegeler
Sudah bukan rahasia bahwa Erling Haaland adalah pemain penting buat Borussia Dortmund. Namun, pelatih Dortmund, Lucien Favre, menegaskan bahwa ia akan mengatur menit bermain Haaland sedemikian rupa.
ADVERTISEMENT
Tujuan Favre jelas: Ia tidak ingin Haaland kelelahan dan cedera. Dari situ, Favre meminta Haaland untuk memahami keputusannya.
“Normal apabila Haaland merasa lelah setelah menjalani English Week (pekan yang berisi dua pertandingan, di tengah dan di akhir) karena ia tak bisa melakukan segalanya sendiri,” kata Favre, dikutip dari Goal International.
“Kami juga paham ia masih berkembang. Ia cedera dua sampai tiga kali setelah bergabung bersama kami. Jadi, kami mesti mengatur menit bermainnya. Jika tidak, bisa bahaya baginya.”
“Haaland mesti memahami keputusan kami itu. Soalnya, seringkali pemain tak sanggup bermain tiga kali dalam sepekan. Banyak pemain mengalami kesulitan di situ,” lanjut Favre.
Favre Minta Erling Haaland Mengerti jika Diistirahatkan (174)
Erling Haaland mencetak gol buat Borussia Dortmund di laga melawan Schalke 04. Foto: Martin Meissner/Pool via REUTERS
Semenjak datang dari Red Bull Salzburg pada Januari, Haaland langsung nyetel dengan permainan Dortmund. Buktinya, sembilan gol ia cetak di Bundesliga 2019/2020 sejak Januari sampai Maret alias sampai penangguhan akibat mewabahnya virus corona.
ADVERTISEMENT
Haaland langsung meledak begitu Bundesliga kembali. Ia mencetak satu gol dan satu assist di laga perdana Dortmund pasca-penangguhan—melawan Schalke. Namun, setelah menjalani tiga laga, Haaland mengalami cedera lutut ringan.
Dari situ terlihat Haaland kelelahan dan keputusan Favre untuk mengatur menit bermainnya terjustifikasi. Yang menjadi masalah, Dortmund tak memiliki penyerang tengah murni selain Haaland sehingga kondisi itu menyulitkan mereka.
Laga melawan Fortuna Duesseldorf menjadi buktinya. Borussia Dortmund, dengan trio Thorgan Hazard-Julian Brandt-Jadon Sancho di lini depan, kesulitan untuk mencetak gol.
Favre Minta Erling Haaland Mengerti jika Diistirahatkan (175)
Aksi Erling Braut Haaland saat melawan Bayern Muenchen. Foto: Federico GAMBARINI/POOL/AFP
Untung bagi Dortmund, mereka sukses mencetak gol kemenangan di injury time. Tebak siapa pencetak gol tersebut. Ya, benar, Erling Haaland, yang masuk dari bangku cadangan.
Oleh karena itu, tak mengherankan apabila Favre meminta Dortmund untuk merekrut penyerang anyar di bursa transfer mendatang.
ADVERTISEMENT
“Saya pikir semua orang tahu Dortmund membutuhkan penyerang baru. Sudah jelas bahwa Haaland baru berusia 19 tahun. Penting bagi Haaland untuk tetap bugar. Namun, kami memang menurunkan Haaland karena kami membutuhkan dirinya," tutur Favre.
Favre paham bahwa membujuk Haaland untuk istirahat bukan perkara mudah. Pasalnya, penyerang asal Norwegia itu selalu memberikan 110%, bahkan di sesi latihan. Namun, Favre kembali menegaskan bahwa Haaland harus paham bahwa semuanya dilakukan untuk kebaikan dirinya sendiri.
“Saya menyukai mentalitas Erling Haaland. Ia selalu ingin menang. Namun, mesti diingat bahwa ia juga mesti berkembang. Potensinya sangat tinggi.”
“Haaland kerap menjalani latihan ekstra dan saya menyukai itu. Saya benar-benar menikmati waktu saya bersamanya. Namun, ia mesti paham betapa pentingnya untuk mengatur segala sesuatu, termasuk tugas-tugasnya sebagai pemain,” jelas Lucien Favre.
ADVERTISEMENT
====
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona. Yuk, bantu donasi atasi dampak corona!