FIFA Tunjuk Stadion Manahan Solo Jadi Venue Final Piala Dunia U-20

13 Februari 2023 15:23
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Potret Stadion Manahan Solo pada 13 Februari 2022. Foto: kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Potret Stadion Manahan Solo pada 13 Februari 2022. Foto: kumparan
Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, memastikan FIFA telah menunjuk Stadion Manahan Solo sebagai venue final Piala Dunia U-20 2023. Acara closing ceremony atau upacara penutupan juga akan dihelat di sana.
Ini berarti, laga penentuan juara Piala Dunia U-20 akan digelar di Stadion Manahan Solo. Gibran mengatakan, konsep acara closing ceremony akan ditangani oleh mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Wishnutama Kusubandio.
"Kota Solo terpilih menjadi tuan rumah final Piala Dunia U-20 2023. Lokasi venue di Stadion Manahan Solo," kata Gibran di Balai Kota Solo, Senin (13/2).
"Kami jadi tuan rumah final, ya, senang sekali. Kami sudah pengalaman menjadi tuan rumah event internasional," lanjutnya.
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. Foto: Dok. Istimewa
zoom-in-whitePerbesar
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. Foto: Dok. Istimewa
Gibran menjelaskan, untuk saat ini, Stadion Manahan Solo sedang direnovasi Kementerian PUPR. Selama renovasi berlangsung, maka Stadion Manahan Solo untuk sementara ditutup.
"Stadion Manahan selesai revitalisasi bulan depan. April nanti, Stadion Manahan sudah siap digunakan untuk Piala Dunia U-20," terangnya.
Gibran mengaku telah berkoordinasi dengan Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Zainudin Amali, terkait Solo terpilih menjadi tuan rumah penutupan dan laga final Piala Dunia U-20. Ia menyebut, Wishnutama bakal datang ke Kota Solo untuk melakukan persiapan pekan ini.
"Saya belum mengetahui apakah nantinya kawasan Stadion Manahan akan steril dari pedagang atau tidak selama Piala Dunia U-20 berlangsung. Kita tunggu saja," tandasnya.
Stadion Manahan, Solo. Foto: Nasrul Ma Arif/shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Stadion Manahan, Solo. Foto: Nasrul Ma Arif/shutterstock
Sementara itu, acara pembukaan Piala Dunia U-20 digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta. Total, 6 stadion ditunjuk sebagai venue laga Piala Dunia U-20. Selain Manahan dan SUGBK, ada juga Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Gelora Bung Tomo (Surabaya), Jakabaring (Palembang), dan Kapten I Wayan Dipta (Bali).
Piala Dunia U-20 akan dihelat pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023 mendatang. Turnamen ini pertama kalinya lagi digelar di Asia Tenggara setelah terakhir kali di Malaysia pada 1997.