kumparan
search-gray
Bola & Sports13 Mei 2020 15:02

Frenkie De Jong Disarankan Jadi Gelandang Bertahan Supaya Makin Komplet

Konten Redaksi kumparan
Frenkie De Jong Disarankan Jadi Gelandang Bertahan Supaya Makin Komplet (154934)
Aksi Frenkie De Jong saat membela Barcelona. Foto: REUTERS/Javier Barbancho
Berbeda dengan Louis van Gaal, Ronald de Boer merasa Frenkie De Jong sudah tampil oke pada musim debutnya bersama Barcelona. Meski begitu, De Boer setuju dengan Van Gaal bahwa sebaiknya pemain berusia 23 tahun ini bermain di posisi gelandang bertahan.
ADVERTISEMENT
Pada musim ini, De Jong bermain sebagai gelandang tengah di skuat La Blaugrana. Dia ditandemkan dengan Arthur Melo di posisi itu, sementara Sergio Busquets mengisi pos gelandang bertahan. De Jong dikritik karena baru mengemas 2 gol dan 2 assist musim ini.
Padahal, De Jong berpijar musim lalu bukan karena gol atau assist-nya. Bermain di pos gelandang bertahan, pemain 23 tahun asal Belanda ini justru menjadi orkestrator serangan yang membawa Ajax Amsterdam melaju hingga semifinal Liga Champions 2018/19.
"Banyak orang yang mengkritik bahwa dia [De Jong] tak mencapai levelnya musim lalu. Namun, dia menjadi pilihan utama pada musim debutnya. Dengan komposisi skuat Barcelona yang kuat, saya rasa tak ada masalah musim ini," kata De Boer, dilansir Goal.
ADVERTISEMENT
Frenkie De Jong Disarankan Jadi Gelandang Bertahan Supaya Makin Komplet (154935)
Frenkie de Jong belum digunakan dengan optimal di Barcelona. Foto: AFP/Josep Lago
"Kamu bisa lihat, rekannya di Ajax dulu, [Matthijs] De Ligt sempat kesulitan di Juventus. Padahal, semua orang mengira De Ligt bakal tampil reguler sejak awal musim. Sementara, De Jong sudah jadi andalan sejak awal," imbuh saudara kembar Frank De Boer ini.
"Namun, saya akui De Jong belum mencapai potensi terbaiknya. Jika dia tampil sebagai gelandang bertahan, saya yakin dia bisa sukses."
Selayaknya De Jong ketika masih di Ajax, reputasi Busquets selama di Barcelona tak dibangun dari gol atau assist. Kesamaan keduanya disadari De Boer, mulai dari kemampuan mengumpan yang bagus hingga kemampuan membaca alur laga.
Oleh sebab itu, De Boer yakin De Jong bisa menjadi suksesor Busquets, yang kini sudah berusia 31 tahun.
ADVERTISEMENT
"Dia itu sang pengontrol. Jangan minta dia bikin 20 gol atau 20 assist, dia bukan pemain seperti itu. Dengan kemampuannya itu, dia bisa menjadi suksesor Busquets di masa depan," jelas De Boer.
---
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona. Yuk, bantu donasi atasi dampak corona.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white