Harry Kane Buka Suara soal Penalti Lawan Belanda: Itu Pelanggaran

11 Juli 2024 19:15 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Harry Kane mencetak gol penalti saat Belanda vs Inggris dalam laga semifinal Piala Eropa 2024 di Signal Iduna Park, Jerman, pada Kamis (11/7) dini hari WIB. Foto: REUTERS/Lee Smith
zoom-in-whitePerbesar
Harry Kane mencetak gol penalti saat Belanda vs Inggris dalam laga semifinal Piala Eropa 2024 di Signal Iduna Park, Jerman, pada Kamis (11/7) dini hari WIB. Foto: REUTERS/Lee Smith
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Harry Kane angkat suara mengenai gol penaltinya ke gawang Belanda yang dicap kontroversial buntut sebelumnya bersinggungan dengan penggawa, Belanda, Denzel Dumfries di kotak penalti. Ia tegas katakan itu merupakan sebuah pelanggaran.
ADVERTISEMENT
Itu terjadi ketika Inggris tengah tertinggal 0-1. Terjadi kontak antara Denzel Dumfries dengan Harry Kane di kotak penalti Belanda pada menit ke-15.
Hal ini terjadi, ketika Kane hendak menendang bola yang melayang di udara, lalu Dumfries mengangkat kaki untuk mengadangnya. Setelah bola tertendang oleh Kane, kaki Dumfries tampak mengenai kaki Kane, lalu kapten Inggris itu terjatuh.
Wasit Felix Zwayer (Jerman) lalu mengecek monitor VAR dan berkonsultasi dengan petugas VAR, Bastian Dankert (Jerman). Hasilnya, penalti untuk Inggris dan kartu kuning untuk Dumfries. Sepakan penalti dilakukan di menit 18, Kane yang menjadi eksekutor sukses mencetak gol.
Momen Denzel Dumfries dianggap melanggar Harry Kane saat Belanda vs Inggris dalam laga semifinal Piala Eropa 2024 di Signal Iduna Park, Jerman, pada Kamis (11/7) dini hari WIB. Foto: REUTERS/Leon Kuegeler
Kane mengatakan, bahwa kontak itu memang harus berbuah penalti. Sebab ia merasa Dumfries jelas mengenai kakinya yang membuat tendangannya tak maksimal. Ia pun mengelak bahwa wasit bertugas, Felix Zwayer, berpihak pada dirinya.
ADVERTISEMENT
"Kaki saya tergantung di sana dan dia [Denzel Dumfries] sangat jelas mengenai saya. Saya cukup senang dengan [penalti] ini dan melihat bola masuk ke gawang [Belanda]," ujar Kane dikutip independent.co.
Dalam Laws of the Game 2023/24, pelanggaran terjadi jika seorang pemain melakukan aksi berbahaya (dangerous manner). Yang dimaksud aksi berbahaya itu adalah setiap tindakan yang, ketika mencoba memainkan bola, mengancam cedera pada seseorang (termasuk pemain itu sendiri) dan termasuk mencegah lawan di dekatnya memainkan bola karena takut cedera.
Selebrasi Ollie Watkins dan Harry Kane di Pertandingan Semifinal Piala Eropa 2024 Belanda vs Inggris. Foto: Kai Pfaffenbach/REUTERS
Lalu, pelanggaran dengan cara mengangkat kaki ke arah lawan juga termasuk dangerous manner. Hukumannya adalah penalti jika memang terjadi di kotak penalti.
Timnas Inggris mampu memetik kemenangan 2-1 dalam partai semifinal kontra Belanda di Signal Iduna Park, Dortmund, Kamis (11/7) dini hari WIB. Tentu hasil ini membuat mereka bakal bersua Spanyol di final nanti.
ADVERTISEMENT