kumparan
4 November 2019 17:14

Iwan Bule Temui Menpora, Bahas Persiapan Piala Dunia dan SEA Games

Menpora Zainudin Amali, Mochamad Iriawan, iwan bule
Ketua Umum PSSI, Komisaris Jenderal Mochamad Iriawan bersalaman dengan Menpora Zainudin Amali. Foto: Helmi Afandi Abdullah/kumparan
Dua hari selepas dilantik menjadi Ketua Umum PSSI periode 2019-2023, Mochamad Iriawan alias Iwan Bule langsung menyambangi Kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Senin (4/11/2019).
ADVERTISEMENT
Iwan datang bersama Wakil Ketua Umum Cucu Soemantri dan Sekjen Ratu Tisha Destria. Mereka menghadap pada Menpora Zainudin Amali. Ada beberapa pembahasan pada pertemuan yang berlangsung selama kurang lebih satu jam tersebut.
''Pak Iwan dan jajarannya menyampaikan hal-hal yang perlu dilakukan untuk sepak bola kita. Secara khusus kami tadi membicarakan persiapan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 mendatang. Garis besarnya itu dulu,'' ucap Zainudin selepas pertemuan.
''Pemerintah tentu menaruh harapan besar, ya, agar PSSI segera bergerak cepat untuk melaksanakan persiapan. Kami berharap sinergi Kemenpora dengan PSSI terus berjalan karena waktu menuju Piala Dunia waktunya sudah sangat singkat,'' katanya.
Zainudin menambahkan, selain membicarakan teknis persiapan, Kemenpora juga mendapat informasi bahwa PSSI akan membentuk kepanitiaan khusus di ajang Piala Dunia U-20 tersebut.
ADVERTISEMENT
''Setelah ini kami di Kemenpora akan memberikan update kepada Presiden Jokowi. Dalam laporan kami nantinya kami akan segera menjalankan Inpres (Instruksi Presiden) terkait percepatan sepak bola nasional hingga menyelesaikan road map yang sudah disiapkan nantinya,'' kata pria asal Gorontalo ini.
''Selain itu, kami juga akan bertemu Panglima TNI dan Kapolri juga untuk melakukan sosialisasi. Ini saya rasa perlu karena butuh sinergi juga dengan semua pihak,'' tutupnya.
Menpora Zainudin Amali, Mochamad Iriawan, iwan bule
Ketua Umum PSSI, Komisaris Jenderal Mochamad Iriawan bersalaman dengan Menpora Zainudin Amali (kiri). Foto: Helmi Afandi Abdullah/kumparan
Pada kesempatan yang sama Iwan Bule mengatakan bahwa persiapan untuk menatap Piala Dunia memang menjadi tujuan utama. Akan tetapi, laporan lainnya juga tak luput dari pembahasan.
''Kalau soal persiapan Piala Dunia kami laporkan stadion mana saja yang akan digunakan dan kami akan kembali meninjau langsung ke lokasi lapangan mana saja yang mestinya dievaluasi betul,'' kata Iwan.
ADVERTISEMENT
''Selain itu, seperti yang disampaikan Pak Menpora, bahwa road map pembentukan panitia pelaksana harus segera dibentuk dan kami akan tindaklanjuti itu,'' ujarnya.
Piala Asia U-23, Timnas U-23 Indonesia, Indonesia vs Brunei Darussalam, Stadion My Dinh
Tim nasional U-23 Indonesia berfoto bersama menjelang pertandingan sepak bola Grup K kualifikasi Piala Asia U-23 AFC 2020 di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam. Foto: Antara/R. Rekotomo
Yang tak kalah penting, kata Iwan, pada pertemuan ini kedua belah pihak juga membahas persiapan Timnas U-23 Indonesia yang akan berlaga di SEA Games November-Desember 2019 mendatang. Dalam laporannya, Iwan menggaransi kepada Menpora bahwa kondisi skuat 'Garuda Muda' yang saat ini tengah melakukan persiapan via pemusatan latihan nasional dalam kondisi bagus.
''Semua persiapan dalam kondisi baik. Para pemain juga dalam kondisi bagus dan kami berterima kasih sekali karena pada 8 November nanti beliau berniat menyempatkan hadir meninjau para pemain berlatih,'' kata Iwan Bule.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan