kumparan
9 Agustus 2019 7:29

Kejutan Deadline Day ala City: Boyong Scott Carson dari Derby County

Scott Carson
Scott Carson, penjaga gawang terbaru Manchester City. Foto: Getty Images/Stephen Pond
Manchester City pandai betul memberi kejutan. Di deadline day bursa transfer musim panas Liga Inggris 2019, City justru mendatangkan kiper Derby County, Scott Carson, dengan status pinjaman.
ADVERTISEMENT
Selama setahun Carson akan menjadi bagian dari skuat asuhan Pep Guardiola. Pertanyaan yang muncul seiring dengan keputusan ini adalah: Ngapain, sih, merekrut Carson?
"Kami gembira karena bisa merekrut Scott (Carson) untuk menghadapi musim yang segera datang. Kami memiliki kekuatan dan kedalaman di area penjaga gawang. Pengalaman melimpah yang dimiliki Scott penting bagi skuat. Kami ingin tampil sehebat mungkin di musim ini," jelas Direktur Olahraga City, Txiki Begiristain.
Jam terbang memang merupakan nilai tambah yang bisa diberikan penjaga gawang berusia 33 tahun ini. Bayangkan, ia sudah bersiaga di depan gawang sebagai pesepak bola profesional sejak musim 2003/04.
Itu berarti, Carson sudah malang melintang sekitar 16 tahun di atas lapangan bola. Mengutip Transfermarkt, Carson tampil 520 kali di level klub dan mencatatkan 153 clean sheet. Catatan itu masih ditambah dengan empat caps-nya sebagai kiper Timnas Inggris.
ADVERTISEMENT
Tidak menjadi kiper nomor satu tidak lantas menutup kesempatan untuk tampil brilian. Claudio Bravo adalah contoh sahih.
Sepanjang pramusim 2019/20, eks kiper Barcelona itu menjadi pilihan pertama Guardiola. Penyebabnya, sang kiper utama, Ederson Moraes, mesti membela Timnas Brasil di Copa America 2019.
Kesempatan ini berhasil dimanfaatkan oleh Bravo, termasuk saat berlaga di Community Shield 2019. Bravo berhasil mementahkan tujuh tembakan mengarah gawang yang dilesakkan Liverpool di waktu normal.
Bravo sah menjadi pahlawan City di laga ini begitu menyelamatkan sepakan Georginio Wijnaldum saat babak adu penalti. Penyelamatan ini menjadi krusial mengingat semua eksekutor lainnya, baik dari City maupun Liverpool, sukses menunaikan tugas. Itu berarti, penyelamatan Bravo adalah penentu kemenangan City.
ADVERTISEMENT
Scott Carson
Scott Carson, penjaga gawang terbaru Manchester City. Foto: Getty Images/Stephen Pond
Maka, bukannya tak mungkin Carson bisa menjadi cult hero selanjutnya. Apalagi, City bakal melakoni empat kompetisi sepanjang 2019/20. Bahkan lima kompetisi jika menghitung Community Shield yang sudah mereka tutup dengan trofi juara tadi.
"Bisa datang ke City dengan status pinjaman adalah kehormatan bagi saya. Ini adalah sesuatu yang tidak pernah saya bayangkan. Tawaran ini adalah kesempatan yang tidak mungkin saya tolak. Menjadi bagian dari skuat juara Inggris adalah impian yang menjadi kenyataan," jelas Carson, dikutip dari laman resmi klub.
"Saya tidak sabar untuk bertemu dan mengenal Pep secara dekat di sesi latihan. Apa yang ia capai dalam karier kepelatihannya luar biasa. Setiap pesepak bola tentu bermimpi untuk bermain di bawah asuhannya. Semoga pengalaman saya bisa berguna dan membantu tim menjuarai Premier League untuk ketiga kalinya dalam tiga musim beruntun," ujar Carson.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan