kumparan
5 April 2019 19:12

Kemenpora: PSSI Sebenarnya Bisa Ajukan Dana Timnas Putri U-15 ke Kami

LIPSUS ROY SURYO
Sesmenpora Gatot S. Dewa Broto. Foto: Jafrianto/kumparan
Badai tampaknya tak berhenti menghantam Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI). Terkini, otoritas sepak bola Tanah Air itu memilih menarik Timnas U-15 Putri Indonesia dari Piala AFF 2019 lantaran kesulitan dana.
ADVERTISEMENT
Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Refrizal mengamini bahwa saat ini PSSI tengah dilanda krisis finansial. Ia bahkan menyatakan saat ini kas federasi kosong.
Menyikapi hal itu, Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) Gatot Sulistiantoro Dewa Broto sangat menyayangkan kejadian itu. Ia mengaku kecewa kepada PSSI yang tak mampu memprediksi keuangannya. Pasalnya, menurut Gatot, ajang internasional seharusnya bisa diantisipasi karena kalendernya sudah jelas.
“Harusnya mereka (PSSI) sudah menyiapkan rencana. Namanya ajang internasional sudah ada kalender pasti. Masak sih sampai tidak terprediksi (anggarannya),” kata Gatot ketika ditemui kumparanBOLA di Kantor Kemenpora, Jakarta, Jumat (5/4/2019).
Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga, Gatot S Dewa Broto
Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga, Gatot S Dewa Broto menjawab pertanyaan wartawan seusai menjalani pemeriksaan Satgas Anti Mafia Bola di gedung Ombudsman, Jakarta. Foto: Antara/Dhemas Reviyanto
Padahal, lanjut Gatot, jika sudah memprediksi kebutuhan anggaran akan tahu kekurangan di mana. Kemenpora juga siap membantu bila PSSI kesulitan dana.
ADVERTISEMENT
“Memang anggaran pembinaan dari Kemenpora itu untuk ajang kompetisi domestik. Untuk ajang yang dimaksud (Piala AFF Putri U-15) itu di luar anggaran tadi. Namun, ‘kan bisa mengajukan ke kami kalau memang butuh,” ujarnya.
Gatot mengakui bahwa PSSI belum mengajukan apa pun kepada Kemenpora. Alhasil, Kemenpora tak bisa berbuat apa-apa. Menurutnya, jangan sampai kemudian menjadikan Kemenpora sebagai kambing hitam atas kegagalan Timnas Putri U-15 tampil di Piala AFF.
“Jangan kemudian kami disalahkan. Kami selama ini terbuka. Selama ada proposal dan anggaran tersedia, pasti kami bantu. Intinya harus ada proposal atau pengajuan. Jangan tiba-tiba kasih dana, nanti jadi temuan,” ucap Gatot.
Timnas Putri U-15
Timnas Putri U-15. Foto: Dok. PSSI
PSSI berdalih kegagalan tampilnya Timnas Putri U-15 karena ada penyelenggaraan yang harus didahulukan. Federasi memprioritaskan perhelatan Liga 1 Wanita yang akan memulai debutnya pada September mendatang dan Timnas Senior Putri Indonesia untuk SEA Games 2019.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan