kumparan
29 Mei 2019 16:46

Kesan Wasit Thoriq Alkatiri Pakai Alat Komunikasi di Liga 1

Wasit Indonesia berlisensi FIFA, Thoriq Alkatiri
Wasit Indonesia berlisensi FIFA, Thoriq Alkatiri. Foto: Instagram/@pssi__fai
Ada pemandangan berbeda dalam laga lanjutan Liga 1 antara Madura United dan Borneo FC di Stadion Ratu Pamelingan, Selasa (28/5/2019). Bukan perkara skor mencolok yang berhasil diraih Madura United, melainkan penampilan Thoriq Alkatiri sebagai wasit.
ADVERTISEMENT
Ya, pada laga yang dimenangi Madura United dengan skor telak 3-0 itu, Thoriq bersama dua asisten wasit lainnya terlihat memakai alat komunikasi. Ini adalah kali pertama perangkat pertandingan memakai alat tersebut di Liga 1 sejak pekan pertama digelar pada pekan lalu.
Thoriq juga pernah menggunakan alat serupa ketika memimpin laga 8 besar Piala Presiden 2019 antara Persija Jakarta dan Kalteng Putra pada 28 Maret lalu. Lantas, bagaimana kesannya menggunakan alat komunikasi tersebut?
Loading Instagram...
"Semalam tidak ada kendala, ya. Cuma memang karena suara suporter berisik, jadi kurang begitu terdengar. Memang ini jadi kekurangan alat komunikasi ini. Saya juga pernah pakai yang mahal, punya orang (wasit) Qatar, tapi kalau suara suporter kencang sekali, tetap kurang terdengar," ujar Thoriq ketika berbincang dengan kumparanBOLA, Rabu (29/5).
ADVERTISEMENT
Kendati demikian, dengan alat komunikasi, Thoriq mengakui bahwa ia lebih mudah berkoordinasi dengan kedua asistennya. Terutama perihal pelanggaran yang tak terlihat.
"Kelebihannya memang kalau ada kejadian yang tidak terlihat, tidak perlu menghampiri asisten wasit. Tinggal bilang saja. Kasih kartu kuning misalnya. Jadi tidak harus lari ke asisten wasit," ucapnya.
Thoriq Alkatiri
Wasit Indonesia lisensi FIFA, Thoriq Alkatiri. Foto: Dok. PSSI
"Wasit juga tidak perlu selalu menghadap ke arah asisten. Jadi, kalau pun membelakangi mereka tidak masalah karena selalu bisa komunikasi," kata wasit elite AFC ini.
Pada Liga 1 2019, PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) belum mengesahkan alat komunikasi sebagai perlengkapan wajib wasit ketika memimpin. Begitu pula dengan penggunaan spray.
Belakangan ini, pencinta sepak bola Tanah Air tengah ramai membicarakan Video Assistant Referee (VAR) menyusul keputusan PSSI untuk menerapkannya di Liga 1 2019.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan