kumparan
search-gray
Bola & Sports13 Agustus 2019 18:55

Klopp Ingin Liverpool Tetap 'Serakah' di Piala Super Eropa

Konten Redaksi kumparan
Klopp Ingin Liverpool Tetap 'Serakah' di Piala Super Eropa (103129)
Juergen Klopp dengan medali juara Liga Champions. Foto: AFP/Gabriel Bouys
Keberhasilan menjuarai Liga Champions pada musim 2018/19 seharusnya menjadi awal dari era keemasan baru Liverpool. Begitulah yang diharapkan Juergen Klopp. Makanya, sosok yang sudah melatih 'Si Merah' sejak 2015 ini meminta para pemainnya tak melunak pada musim ini.
ADVERTISEMENT
Termasuk saat menghadapi Chelsea di Besiktas Park dalam ajang Piala Super Eropa, Kamis (15/8/2019) dini hari WIB. Jika menang di laga itu, Jordan Henderson dan kolega bakal merengkuh trofi perdana pada musim ini.
"Saya ingin para pemain saya tetap serakah, karena itu penting dan kami harus melakukannya. Apalagi, empat minggu setelah final Liga Champions, kami mendapatkan pujian di mana pun," ucap Klopp kepada UEFA.com.
"Rasanya manis, tetapi saya sadar itu bisa membuat kami menjadi melunak dan kurang berapi-api. Untungnya, kami belum sampai di titik itu. Tetapi, keadaan itu bisa terjadi kapan saja. Satu-satunya yang bisa kami lakukan adalah menaikkan target dan mencoba melampaui pencapaian musim lalu," lanjutnya.
Klopp Ingin Liverpool Tetap 'Serakah' di Piala Super Eropa (103130)
Klopp membawa Liverpool juara. Foto: REUTERS/Kai Pfaffenbach
Bagi Klopp, inilah Piala Super Eropa perdana sepanjang kariernya. Terasa manis, karena sebelumnya manajer berkebangsaan Jerman itu 'cuma' mengantarkan Borussia Dortmund menjadi runner-up Liga Champions 2012/13 dan Liverpool sebagai tim nomor dua pada Liga Europa 2015/16.
ADVERTISEMENT
"Saya akui bahwa saya dulu tak begitu menyukai Piala Super Eropa karena langkah tim saya selalu sampai di final. Tetapi, sekarang saya sadar bahwa Piala Super Eropa adalah bukti terakhir. Jika saya tak tampil di sini, itu artinya saya gagal di final," kata manajer berusia 52 tahun itu.
"Tahun ini bakal sangat berbeda, dan kami benar-benar menantikan Piala Super Eropa. Trofi yang megah, dan laga ini juga bakal digelar di Istanbul yang indah," tambah Klopp.
Klopp Ingin Liverpool Tetap 'Serakah' di Piala Super Eropa (103131)
Mohamed Salah merayakan golnya ke gawang Tottenham Hotspur di final Liga Champions 2018/19. Foto: REUTERS/Susana Vera
Seperti di final Liga Champions, Piala Super Eropa juga bakal menghadirkan duel sesama tim Inggris. Menariknya, lawan yang bakal dihadapi Liverpool lagi-lagi dari London. Lantas, apakah sosok yang sempat melatih FC Mainz ini yakin timnya dapat menggilas Chelsea seperti saat menundukkan Tottenham Hotspur 2-0 di final?
ADVERTISEMENT
"Mengulang prestasi di final Liga Champions? Semoga saja. Saya akui pertandingan final kemarin tak enak ditonton. Semua itu terjadi karena kedua tim sama-sama tampil di bawah tekanan, menyadari ancaman yang bisa dilancarkan lawan dan pentingnya laga final itu sendiri. Akhirnya, laganya terasa aneh," jelas Klopp.
"Piala Super Eropa juga laga final, tetapi di mata saya jalannya bakal berbeda dengan final Liga Champions musim lalu. Ini musim baru dan Chelsea sudah berubah. Mereka punya manajer baru dan Eden Hazard sudah pergi," pungkasnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white