kumparan
3 Desember 2019 3:35

Lionel Messi Raih Ballon d'Or 2019

[PORTRAIT] Ballon d'Or
Trofi Ballon d'Or. Foto: Thomas SAMSON / AFP
Theatre du Chatelet, Paris, bergemuruh pada Selasa (3/12/2019). Lionel Messi berdiri di atas panggung. Untuk beberapa saat matanya ditikamkan lekat-lekat pada trofi berbentuk bola emas yang ada di tangannya: Ballon d'Or.
ADVERTISEMENT
Gesture-nya agak kikuk. Namun, senyumnya yang tidak lebar-lebar amat justru bicara bahwa ia tidak asing dengan gelar yang satu ini.
Akhirnya trofi dan gelar masyhur itu berkawan lagi dengannya. Ballon d'Or 2019 adalah Ballon d'Or keenam sepanjang karier Messi. Rekor. Lionel Messi adalah pesepak bola pria yang paling sering merengkuh trofi ini.
Keberhasilan ini juga membuat sang penggawa Barcelona berhasil mengalahkan tiga personel empat besar lainnya: Sadio Mane, Cristiano Ronaldo, dan Virgil van Dijk.
Lionel Messi
Lionel Messi dan senyum sudah biasa meraih Ballon d'Or. Foto: REUTERS/Christian Hartmann
Gelar ini tidak berlebihan. Dominasi Lionel Messi di Barcelona adalah kondisi yang membuat orang-orang sampai malas berpikir kapan ada pesepak bola yang bisa menyingkirkannya.
La Pulga tak hanya menjadi raja gol, tetapi juga raja assist untuk timnya. Musim 2018/19 ia mencatatkan 51 gol dan 22 assist bagi Barcelona. Soal gelar juara tidak perlu ditanya. Ia mengantar Barcelona menjadi kampiun La Liga dan Piala Super Spanyol 2018/19.
ADVERTISEMENT
Perjalanannya bersama Barcelona dalam 12 bulan terakhir juga tak kalah spesial. Bila ditotal, Messi terlibat dalam 63 gol Barcelona dan Timnas Argentina. Rinciannya, 46 gol dan 17 assist.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan