Manfaat yang Dibawa Elkan Baggott ke Inggris Usai Bawa Timnas U-23 ke Piala Asia

13 September 2023 19:34 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Elkan Baggott saat berlatih dengan Timnas U-23 Indonesia. Foto: PSSI
zoom-in-whitePerbesar
Elkan Baggott saat berlatih dengan Timnas U-23 Indonesia. Foto: PSSI
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Penggawa Timnas U-23 Indonesia, Elkan Baggott, sudah menyelesaikan tugasnya bersama 'Garuda Muda' di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024. Ia mengaku membawa segudang pengalaman untuk kembali ke Ipswich Town.
ADVERTISEMENT
Elkan tampil dalam dua kemenangan Timnas U-23 di Grup K. Timnas U-23 lolos ke putaran final Piala Asia U-23 usai menjuarai klasemen dengan kemenangan 9-0 atas Taiwan dan 2-0 atas Turkmenistan.
Pemain 20 tahun tersebut selalu menjadi pilihan Shin Tae-yong sejak menit pertama. Elkan juga merasa taktik yang diterapkan pelatih asal Korea Selatan itu berbeda dari sebelumnya.
Elkan Baggott usai mencetak gol dalam pertandingan Timnas U-23 Indonesia vs Taiwan di babak grup Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 di Stadion Manahan, Solo, pada Sabtu (9/9). Foto: Instagram/@timnas.indonesia
Terlebih bermain di Stadion Manahan, Solo, dengan ribuan pendukung memberikan tekanan lebih kepada Elkan Baggott untuk membawa Timnas U-23 menang. Belajar dari hal itu, ia berharap bisa mengatasi tekanan di Ipswich Town.
"Melihat manfaat dari sisi berbeda, kami bermain dengan gaya bermain berbeda, banyak belajar, cukup memiliki tekanan saat tampil. Setiap kali membela Indonesia, dengan suporter, banyak tekanan untuk menang," kata Elkan di laman resmi Ipswich Town.
ADVERTISEMENT
"Saya pikir itu membentuk karakter pribadi saya. Jadi harapannya saat kembali ke Inggris, saya bisa lebih mengatasi [tekanan itu] saat membela Ipswich Town," tambahnya.
Pada musim ini, Elkan tak dipinjamkan oleh Ipswich Town ke klub lain, tidak seperti musim lalu. Musim lalu, pemain kelahiran Bangkok, Thailand, tersebut menjalani dua masa pinjaman di Gillingham FC dan Cheltenham Town.
Elkan Baggott (tengah) membela Ipswich Town dalam laga uji coba kontra Felixstowe & Walton United di AGL Arena, Felixstowe, Inggris, pada Minggu (2/7). Foto: Ipswich Town FC
Ipswich Town berlaga di Championship (Divisi 2 Liga Inggris) usai mendapatkan promosi. Elkan Baggot belum melakoni debutnya di kompetisi tersebut, tetapi sudah mencatatkan dua laga di Piala Liga Inggris.
Elkan merasa banyak berkembang usai bermain untuk Timnas U-23 di Kualifikasi Piala Asia U-23. Menurutnya, mendapatkan pelatihan dari pelatih kelas dunia seperti Shin membantu dirinya untuk meningkatkan kualitas.
ADVERTISEMENT
"Ya, banyak perkembangan. Pelatih memberi banyak pengaruh. Saya pikir cara kami bermain dulu dan sekarang sudah benar-benar berbeda. Kalau punya pelatih berkualitas tinggi itu sangat membantu," terang Elkan.