Bola & Sports
·
14 November 2020 14:54

Mengenal Ronaldo Kwateh, Pemain Berdarah Afrika yang Menghiasi Skuat Timnas U-16

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Mengenal Ronaldo Kwateh, Pemain Berdarah Afrika yang Menghiasi Skuat Timnas U-16 (132555)
Ronaldo Joybera Kwateh. Foto: Dok. Persib
Pelatih Bima Sakti resmi memanggil 26 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) Timnas U-16. Satu nama yang mengundang perhatian adalah wonderkid Persib Bandung, Ronaldo Kwateh.
ADVERTISEMENT
Ya, Ronaldo adalah satu-satunya pemain keturunan di skuat Timnas U-16. Ia memiliki darah keturunan Afrika dari sang ayah yang berasal dari Liberia.
Bakat sepak bola Ronaldo memang sudah terasah sejak kecil. Pasalnya, sang ayah yang bernama Roberto Kwateh juga berkiprah di sepak bola Indonesia. Roberto pernah bermain bersama PSIS Semarang dan Persib Bandung.
Ronaldo sendiri tumbuh dan besar di daerah Bantul, Yogyakarta. Karier sepak bolanya tak lepas dari bimbingan sang ayah. Ia diarahkan untuk menimba ilmu di Sekolah Sepak Bola Persiba. Ronaldo kemudian aktif mengikuti beberapa kejuaraan seperti Piala Asprov PSSI DIY.
Mengenal Ronaldo Kwateh, Pemain Berdarah Afrika yang Menghiasi Skuat Timnas U-16 (132556)
Ronaldo Joybera Kwateh. Foto: Dok. Persib
Setelah itu, Ronaldo mulai bergabung ke Akademi Persib Bandung di Kota Cimahi. Ia juga melanjutkan pendidikan akademiknya di salah satu sekolah di sana.
ADVERTISEMENT
Adapun namanya mulai dikenal saat bersama Persib U-16. Kala itu, ia diproyeksikan untuk mentas di Liga 1 U-16 tahun 2019. Ronaldo bergabung tim U-16 Persib jelang dimulainya putaran kedua babak kualifikasi Elite Pro Academy PSSI U-16.
Penampilan apiknya bersama 'Maung Ngora' akhirnya menjadi gerbang Ronaldo menuju Timnas U-16. Ia dipanggil Pelatih Bima Sakti bersama beberapa pemain Persib U-16 lainnya, yakni; M. Raufa Aghastya, M. Valeroen, Dimas Juliono dan Diandra Diaz Dewari.
---
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona.