kumparan
11 September 2019 19:12

Mengheningkan Cipta untuk BJ Habibie di Laga Persipura vs Persija

Mantan Presiden BJ Habibie, Foto Tahun 2010
Mantan Presiden Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie melambaikan tangan kepada para pendukung ketika dia duduk bersama hadirin untuk mendengarkan Presiden AS Barack Obama menyampaikan pidato utama di Universitas Indonesia di Jakarta pada 10 November 2010. Foto: AFP PHOTO / BARBARA WALTON
Rabu, 11 September 2019, Presiden Republik Indonesia ke-3, BJ Habibie, meninggal dunia. Semua berduka, termasuk sepak bola Indonesia.
ADVERTISEMENT
Pada pertandingan Liga 1 2019 yang mempertemukan Persipura dan Persija, Rabu (11/9) malam WIB, mengheningkan untuk mengenang Habibie dilakukan sebelum sepak mula.
Announcer yang berada di Stadion Aji Imbut, Tenggarong, Kalimantan Timur, mengumumkan untuk semuanya yang berada di Stadion untuk mengheningkan cipta.
Selama satu menit, staf pelatih maupun pemain dari kedua kesebelasan menundukkan kepala untuk menghormati kepergian teknokrat Indonesia tersebut. Meski demikian, tak ada pita hitam yang dikenakan para pemain di pertandingan kali ini.
BJ Habibie memiliki kaitan cukup erat dengan sepak bola Indonesia. Cucu beliau, yakni Rafid Habibie, merupakan pemain bola yang pernah menjalani seleksi bersama Timnas U-19 Indonesia arahan Indra Sjafri.
Sayang, Rafid urung menembus skuat Timnas U-19 yang saat itu akan mengikuti Turnamen Piala AFF. Terakhir, Rafid membela Persib U-20.
ADVERTISEMENT
Habibie meninggal dunia pada usia 83 tahun. Beliau berpulang di RSPAD Gatot Soebroto usai mendapatkan perawatan intensif sejak 2 September lalu.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan