kumparan
20 November 2018 8:18

Mereka yang Berlaga di Semifinal UEFA Nations League

Belanda ke semifinal UEFA Nations League usai imbangi Jerman. (Foto: John MACDOUGALL / AFP)
UEFA Nations League 2018 menjejak ke babak semifinal. Empat negara teratas dari masing-masing grup Liga A bakal baku-hantam memperebutkan tiket partai puncak dari kompetisi yang sebenarnya sudah digodok sejak 2011 ini.
ADVERTISEMENT
Sebagai pembuka, mari bicara soal Prancis yang apa boleh buat, ketiban apes karena Belanda berhasil lolos secara dramatis ke babak semifinal berkat gol Virgil van Dijk di pengujung laga melawan Jerman yang dihelat pada Selasa (20/11/2018).
Yang menjadi pertanyaan, mengapa Prancis yang ketiban sial? Sebelum laga Belanda melawan Jerman ini, Prancis-lah yang menjadi pemuncak klasemen sementara Liga A Grup 1 berkat raihan tujuh poin yang sudah mereka kumpulkan. Namun, apa daya, laga terakhir Belanda berujung pada hasil imbang melawan Jerman.
Padahal, Jerman sudah unggul 2-0 di babak pertama berkat gol Timo Werner dan Leroy Sane. Di awal-awal babak kedua, Belanda memang mulai memegang kendali pertandingan. Namun, menembus pertahanan Jerman tak semudah membalikkan telapak tangan. Bahkan hingga menit ke-80, Belanda masih gagal mencetak gol pertama.
ADVERTISEMENT
Nah, petaka buat Jerman mulai menunjukkan rupanya di menit 85. Memanfaatkan kesalahan lini pertahanan Jerman, Quincy Promes berhasil mencetak gol yang menggeser skor pada kedudukan 1-2. Baru pada menit 90, kapten Van Dijk mencetak gol penyama kedudukan yang juga berarti raihan tiket semifinal.
Hasil imbang ini sudah cukup mengantarkan Belanda menjadi pemuncak klasemen. Jumlah poin yang didapat tim asuhan Ronald Kouman ini sebenarnya sama dengan Prancis, sama-sama tujuh poin. Hanya, Belanda unggul selisih gol. Keunggulan inilah yang pada akhirnya memupuskan harapan sang juara dunia.
Para pemain Swiss merayakan gol. (Foto: REUTERS/Arnd Wiegmann)
Bergeser ke Grup 2, ada Swiss yang sudah memastikan diri berlaga di babak empat besar. Kepastian ini didapat berkat kemenangan mengejutkan atas Belgia pada Senin (19/11/2018). Bertanding di Stadion Swissporarena, Swiss sempat tertinggal 0-2 walau pertandingan baru berusia 17 menit.
ADVERTISEMENT
Tapi, selang tujuh menit dari keunggulan 2-0 yang lahir lewat dua gol Thorgan Hazard itu, Swiss sukses menyamakan kedudukan berkat sepakan penalti Ricardo Rodriguez dan gol Haris Seferovic. Semenit sebelum turun minum, Sereforic kembali tampil sebagai pahlawan karena berhasil membawa Swiss membalikkan keunggulan menjadi 3-2.
Laga horor bagi Belgia belum berhenti. Di babak kedua, Nico Elvedi menceploskan gol keempat untuk Swiss dengan memanfaatkan kesalahan pemain sayap Belgia. Lantas, pada menit 85, Seferovic menyempurnakan comeback Swiss dengan torehan gol yang memastikan laga tuntas dengan kemenangan 5-2 Swiss atas Belgia.
Tambahan tiga poin ini selain membukakan pintu ke babak semifinal, juga menjadi revans sempurna bagi Swiss. Pasalnya, di laga sebelumnya, tim didikan Roberto Martinez sanggup mengalahkan Swiss dengan skor 2-1. Kemenangan telak ini memberikan Swiss tambahan tiga poin. Nah, serupa kasus Prancis dan Belanda, torehan poin Swiss dan Belgia sama-sama di angka sembilan. Hanya, ya itu tadi. Swiss diuntungkan oleh selisih gol.
ADVERTISEMENT
Portugal ke semifinal UEFA Nations League 2018. (Foto: Marco BERTORELLO / AFP)
Timnas Portugal menjadi wakil Grup 3 yang lolos ke semifinal. Hasil ini direngkuh usai ditahan imbang 0-0 oleh Italia pada Minggu (18/11/2018). Sebenarnya, Italia tampil superior di pertandingan ini. Terbukti dari statistik pertandingan yang menerangkan bahwa Italia memenangi penguasaan bola sebesar 69,3%, ditambah dengan keunggulan agresivitas lewat 15 upaya tembakan yang berbanding dengan sembilan upaya tembakan Portugal.
Namun, sekuat-kuatnya Italia melawan, gol urung tercipta dan Portugal juga yang melaju ke babak empat besar. Keberhasilan Portugal lolos ke semifinal ditandai dengan raihan tujuh poin hasil dari dua kemenangan dan satu hasil imbang. Portugal masih akan melakoni laga terakhir mereka melawan Polandia pada Rabu (21/11/2018) dini hari WIB.
Skuat Inggris merayakan kemenangan. (Foto: REUTERS/David Klein)
ADVERTISEMENT
Di Grup 4 alias grup terakhir, Inggris dipastikan melangkah ke semifinal. Kepastian ini didapat oleh anak-anak asuh Gareth Southgate setelah menundukkan Kroasia 2-1 pada Minggu (18/11/2018). Sempat tertinggal lewat gol Andrej Kramaric, Inggris mampu membalikkan kedudukan berkat gol dari Jesse Lingard dan Harry Kane.
Berlaga di Stadion Wembley, Inggris tampil sebagai tim dominan. Hal ini terlihat dari penguasaan bola yang berada pada angka 62,1% dan 17 upaya tembakan, berbanding dengan 12 upaya tembakan Kroasia. Di sisi lain, kekalahan ini memastikan Kroasia terlempar ke Liga B, menyusul Jerman.
Pengundian babak semifinal UEFA Nations League akan digelar di Dublin pada 8 Desember 2018. Putaran final, yang terdiri dari babak semifinal, perebutan tempat ketiga, dan partai final, akan berlangsung di Estadio do Dragão dan Estadio D. Afonso Henriques yang keduanya terletak di Portugal. Babak semifinal sendiri akan dihelat pada 5 dan 6 Juni 2019. Sebagai penutup, laga pamungkas alias babak final bakal digelar pada 9 Juni 2019.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan