kumparan
14 Agustus 2019 8:06

Misi Danilo di Juventus: Menjaga Reputasi Samba

Danilo
Danilo menjalani sesi perkenalan sebagai pemain baru Juventus. Foto: Dok. Juventus
Semakin kental aroma Brasil di skuat Juventus seiring kedatangan Danilo dari Manchester City. Full-back kanan berusia 28 tahun itu menjadi penggawa Samba ketiga di skuat I Bianconeri setelah Alex Sandro dan Douglas Costa.
ADVERTISEMENT
Ditarik ke belakang lagi, kehadiran Danilo sekaligus memperkuat koneksi antara Juventus dan negaranya. Total 25 pemain Brasil sempat memperkuat Juventus sepanjang sejarah klub.
Dari 25 nama itu, tak sedikit yang menuai kegagalan. Sebut saja Diego Ribas, Lucio, atau Hernanes. Ketiganya gagal memberikan impak selama berkarier di Turin.
Namun, banyak pula yang menghadirkan prestasi. Salah satunya yakni Dani Alves. Pemilik nama terakhir kebetulan memiliki keserupaan dengan Danilo karena sama-sama beroperasi di sisi kanan.
Dani Alves
Dani Alves merayakan Scudetto bersama Juventus. Foto: AFP/Filippo Monteforte
Diakui pula oleh Danilo bahwa Alves merupakan panutannya. Alasannya tak jauh-jauh dari prestasi. Karena sang senior meninggalkan memori cukup manis dengan menjuarai Serie A, Coppa Italia, serta mengantarkan Juventus ke final Liga Champions pada musim 2016/17.
ADVERTISEMENT
Dari situ, Danilo pun berhasrat menapaktilasi jejak prestasi Alves, sekaligus menjaga reputasi para pemain Brasil di Juventus.
"Setiap full-back kanan pasti terinspirasi oleh Dani Alves, tidak cuma mereka yang berasal dari Brasil. Dia benar-benar memotivasi rekan-rekan setimnya dan telah memenangi segala gelar," tutur Danilo, dikutip dari Football Italia.
"Semoga, saya bisa melanjutkan pengaruh positif pemain Brasil di Juventus bersama Alex Sandro dan Douglas Costa," katanya.
Kekaguman terhadap Alves tak lantas membuat Danilo mengikuti pilihan nomor punggung. Alves sendiri menjadi pemilik seragam bernomor 23 saat memperkuat Juventus.
Sementara, Danilo bakal mengenakan nomor 13 untuk musim 2019/20. Inilah kali pertama sang pemain memilih angka tersebut. Sebelumnya, dia menggunakan nomor 3 di Manchester City, 23 di Real Madrid, serta 2 di Porto.
ADVERTISEMENT
"Saya dan Cristiano Ronaldo sempat berkelakar. Saya mengatakan kepadanya terkait keinginan mengenakan kostum nomor 7 Juventus, tetapi sudah diambil pemain lain," ucap Danilo.
"Pada akhirnya, saya memilih seragam bernomor 13. Angka ini merepresentasikan pembaruan dan membuka ke arah sesuatu yang baru," ujarnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan