Bola & Sports
·
20 September 2020 1:29

MU vs Palace: Diwarnai VAR, Dua Gol Zaha Tumbangkan Setan Merah

Konten ini diproduksi oleh kumparan
MU vs Palace: Diwarnai VAR, Dua Gol Zaha Tumbangkan Setan Merah (551644)
Pertandingan antara Manchester United vs Crystal Palace yang digelar di Old Trafford, Manchester, Inggris. Foto: Shaun Botterill/Reuters
Manchester United (MU) membuka laga perdana mereka di Premier League 2020/21 dengan hasil mengecewakan. Menjamu Crystal Palace di Old Trafford, Sabtu (19/9/2020) malam WIB, Man United kalah dengan skor 1-3.
ADVERTISEMENT
Satu gol Man United dicetak oleh Donny van de Beek (80'). Sementara tiga gol Palace dicatatkan oleh Andros Townsend (7') dan dua gol Wilfred Zaha (75' & 85').
Hasil ini membikin United berada di urutan ke-15 dengan nir poin tapi masih menyisakan satu pertandingan. Di satu sisi, Palace merangsek ke urutan kedua dengan 6 poin.

Daftar Susunan Pemain Manchester United vs Crystal Palace

Manchester United XI (4-2-3-1): David de Gea; Timothy Fosu-Mensah, Victor Lindeloef, Harry Maguire, Luke Shaw; Paul Pogba, Scott McTominay; Marcus Rashford, Bruno Fernandes, Daniel James; Anthony Martial.
Crystal Palace (4-4-2): Vicente Guaita; Joel Ward, Cheikhou Kouyate, Mamadou Sakho, Tyrick Mitchell; Andros Townsend, James McArthur, James McCarthy, Jeffrey Schlupp; Wilfried Zaha, Jordan Ayew.
ADVERTISEMENT

Jalannya Pertandingan Manchester United vs Crystal Palace

Man United sebetulnya mendominasi jalannya laga di 45 pertama. Pasukan Ole Gunnar Solskjaer menguasai 74 berbanding 26 persen penguasaan bola.
Selain itu, mereka juga melepaskan 8 tembakan percobaan yang 2 di antaranya mengarah ke gawang. Di satu sisi, Palace melepaskan 7 sepakan dan 2 mengarah ke gawang.
Namun demikian, dari 2 upaya tersebut berbuah gol melalui Andros Townsend. Pemain tengah milik tim tamu mencetak gol usai mengonversi umpan silang Jeffrey Schlupp di menit ke-7.
MU vs Palace: Diwarnai VAR, Dua Gol Zaha Tumbangkan Setan Merah (551645)
Pertandingan antara Manchester United vs Crystal Palace yang digelar di Old Trafford, Manchester, Inggris. Foto: Shaun Botterill/Reuters
Tertinggal satu gol, Man United langsung melakukan tekanan. Hanya saja, mereka terhalang pertahanan Palace yang menerapkan sepak bola negatif alias bertahan total.
Di sisa laga, tercatat, Man United hanya melepaskan dua tembakan melalui Pogba dan Mctominay. Sial buat keduanya, upaya mereka masih mentah.
ADVERTISEMENT
Di menit ke-40, Man United mendapat kans buat menyamakan kedudukan usai Pogba dijatuhkan di kotak penalti. Akan tetapi, usai tinjauan VAR, tak ada pelanggaran di area Palace.
Jelang turun minum, Palace yang mengandalkan serangan balik mendapat peluang menggandakan kedudukan. Hanya saja, aksi individu Ayew yang menyudahinya dengan sepakan jarak dekat ditepis oleh De Gea.
MU vs Palace: Diwarnai VAR, Dua Gol Zaha Tumbangkan Setan Merah (551646)
Pertandingan antara Manchester United vs Crystal Palace yang digelar di Old Trafford, Manchester, Inggris. Foto: Martin Rickett /Reuters
Kembali dari ruang ganti, Man United melakukan pergantian pemain dengan memasukkan Mason Greenwood untuk menggantikan Daniel James. Pergantian ini diharapkan bisa menyamakan kedudukan.
Namun demikian, Man United yang masih mengedepankan penguasaan bola, masih menemui jalan terjal untuk menyamakan kedudukan. Malahan Palace yang mendapat kans via Townsend di menit ke-55.
Memasuki menit ke-67, United kembali melakukan pergantian pemain. Donny van de Beek yang menjadi rekrutan anyar musim ini masuk menggantikan Pogba.
ADVERTISEMENT
Masuknya darah segar tak membikin United bisa mengejar ketertinggalan. Sebab, di menit ke-70 hingga menit ke-75 drama terjadi.
MU vs Palace: Diwarnai VAR, Dua Gol Zaha Tumbangkan Setan Merah (551647)
Pertandingan antara Manchester United vs Crystal Palace yang digelar di Old Trafford, Manchester, Inggris. Foto: Richard Heathcote/Reuters
Bermula dari aksi serangan balik Palace melalui Ayew, aksinya di kotak penalti United dihentikan oleh Lindeloef menggunakan tangan. Semula, wasit Martin Atkinson tak menganggap sebuah pelanggaran, tapi usai meninjau VAR, Lindeloef dianggap melakukan handball dengan sengaja.
Ayew yang mengeksekusi tendangan 12 pas gagal menjalankan tugasnya lantaran De Gea sukses menepisnya. Sepakan bomber Palace itu terlalu pelan dan memudahkan De Gea menangkapnya.
Akan tetapi, usai laga berjalan beberapa menit, Atkinson kembali melakukan tinjauan VAR. Di titik itu, De Gea melakukan kesalahan lantaran sebelum eksekusi penalti, dia sudah keluar dari garis.
MU vs Palace: Diwarnai VAR, Dua Gol Zaha Tumbangkan Setan Merah (551648)
VAR (Video Assistant Referee) Foto: Glyn KIRK / AFP
Palace kemudian mendapatkan penalti kembali. Zaha yang maju sebagai penendang menjalankan tugasnya dengan baik. Palace unggul 2-0.
ADVERTISEMENT
United akhirnya mempersempit defisit gol pada menit ke-80 melalui Van de Beek. Lahirnya gol eks Ajax Amsterdam itu usai memanfaatkan kesalahan antisipasi pemain belakang Palace.
Saat United mengejar ketertinggalan, Palace justru mengunci laga dengan kemenangan. Aksi individu Zaha yang melewati Lindeloef dan melepaskan sepakan jarak dekat gagal dibendung De Gea.
Gol tersebut jadi yang terakhir di laga ini. Hasil akhir kemudian menelurkan Palace menang dengan skor 1-3.
---
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona.