kumparan
Bola & Sports30 Agustus 2019 3:36

Penyerang Terbaik Liga Champions 2018/19 Itu Bernama Lionel Messi

Konten Redaksi kumparan
Barcelona vs United, Lionel Messi
Lionel Messi, si Terbaik di Dunia Itu™ Foto: Action Images via Reuters/Carl Recine
Boleh jadi misi Lionel Messi untuk menyabet titel Liga Champions musim lalu untuk Barcelona tak berakhir sesuai harapan. Akan tetapi, hey, setidaknya sosok berjuluk La Pulga itu sukses meraih penghargaan Penyerang Terbaik Liga Champions 2018/19 di markas UEFA, Nyon, Swiss, Kamis (29/8/2019) malam WIB.
ADVERTISEMENT
Untuk meraih penghargaan ini, Messi mendapatkan dukungan sebesar 285 poin. Sementara, di belakangnya, ada Sadio Mane dengan torehan 109 poin. Di belakang kedua pemain itu, ada Cristiano Ronaldo dengan 91 poin.
Keunggulan besar poin Messi ini sendiri sama sekali tak mengherankan. Musim lalu, Barcelona betul-betul bergantung dengan sosok Messi dalam urusan gol. Di ajang Liga Champions, megabintang kelahiran Rosario, Argentina, ini mencatatkan 12 gol. Catatan menit per gol Messi juga impresif, yakni hanya selama 69,7 menit.
Menariknya, Messi tak hanya jago mencetak gol di kotak penalti. Tercatat, sudah enam gol yang dia ciptakan pada musim lalu melalui sepakan jarak jauh. Salah satunya bahkan juga dinobatkan sebagai gol tercantik di Liga Champions 2018/19.
ADVERTISEMENT
Barcelona melawan Lyon
Selebrasi Pemain FC Barcelona, Lionel Messi usai mencetak gol ke gawang Olympique Lyon dalam leg kedua Liga Champions di Camp Nou, Barcelona, Spanyol. Foto: REUTERS/Susana Vera
Gol yang kami maksud tercipta saat melawan Liverpool di putaran pertama semifinal Liga Champions musim lalu. Tepatnya pada menit ke-81, Messi melancarkan tembakan yang mengenai pojok kanan gawang dengan sempurna. Gol tersebut pada akhirnya membawa Barcelona menang 3-0 atas Liverpool.
Psst.... jangan ungkit-ungkit kekalahan menyakitkan yang diderita Barcelona di laga semifinal leg II musim lalu. Sekarang kita tengah memuji Messi dan segala aksi briliannya di atas lapangan. Jadi, boleh kami lanjutkan pembahasannya?
Selain menyelesaikan peluang, Barcelona musim lalu juga sangat bergantung dengan Messi untuk penciptaan kans. Tercatat, Messi sanggup menciptakan 3 assist musim lalu di ajang Liga Champions.
Selain catatan itu, ada juga tingkah Messi yang jarang diperhatikan tetapi penting untuk timnya. Yakni, kebiasaannya mundur ke lini tengah ketika suplai bola di lini tengah tengah mandek.
ADVERTISEMENT
Dengan terpilihnya Messi sebagai Penyerang Terbaik Liga Champions 2018/19, Ernesto Valverde pun senang bukan main. Pelatih Barcelona ini pun tak segan melontarkan pujian untuk Messi.
"Messi adalah pemain luar biasa yang datang dari luar galaksi ini. Dia tak hanya seorang pencetak gol, karena sesungguhnya dia bisa menciptakan apa saja. Karena dia bisa mempengaruhi lingkungan sekitarnya," kata Valverde kepada UEFA.
Vamos, Messi!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan