kumparan
12 September 2019 9:44

Persija Kalah, Banuelos Soroti Kesalahan Pemain dan Kepemimpinan Wasit

Persija Jakarta, Persib Bandung
Pelatih Persija Jakarta Julio Banuelos pada laga pertandingan Liga 1 2019, di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta. Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
Persija Jakarta masih belum beranjak dari tren negatif. Ketika bentrok dengan Persipura Jayapura di Stadion Aji Imbut, Rabu (11/9/2019) malam WIB, pasukan Ibu Kota kalah 0-2.
ADVERTISEMENT
Pelatih Persija, Julio Banuelos, mengatakan bahwa sejatinya kedua kesebelasan bermain baik sepanjang pertandingan. Akan tetapi, tim besutannya banyak melakukan kesalahan-kesalahan sehingga akhirnya kalah.
"Itu yang sangat kami sayangkan. Selain itu, harus kami akui bahwa fisik pemain menurun dan tidak bisa mengatur tempo permainan, terutama babak kedua," ujar Banuelos dalam sesi jumpa pers selepas laga.
"Pada babak pertama dan awal babak kedua kami memegang kendali permainan, tetapi justru kami kecolongan lewat dua gol mereka," tambahnya.
Secara umum, Persija cukup aktif menekan pertahanan Persipura sejak menit awal. Berbagai kans mereka dapatkan dari pemain-pemain seperti Fachruddin Aryanto dan Marko Simic. Namun, memang tak ada gol yang bisa diciptakan.
Perkara kegagalan Persija ini, Banuelos menyinggung kepemimpinan wasit sebagai salah satu alasannya.
ADVERTISEMENT
"Sebelum terjadinya gol kedua Persipura, kami menilai Riko sempat dilanggar di dekat kotak penalti, tetapi wasit seolah-olah menutup mata. Pada situasi ini boleh jadi para pemain sedikit kehilangan konsentrasi," jelasnya.
Laga tunda pekan ke-11 Liga 1 antara Persipura Jayapura vs Persija Jakarta, Stadion Aji Imbut
Laga tunda pekan ke-11 Liga 1 antara Persipura Jayapura vs Persija Jakarta di Stadion Aji Imbut. Foto: Dok. Media Persija
Selepas menghadapi Persipura, Banuelos berencana menggelar evaluasi. Ia berharap Persija bangkit saat menghadapi PSIS Semarang akhir pekan ini.
"Saya meminta para pemain untuk segera melupakan hasil laga kali ini dan segera bangkit. Kami menargetkan untuk bisa meraih kemenangan di laga berikutnya saat kami sudah bisa bermain full team," kata pelatih asal Spanyol itu.
"Beberapa pemain kami absen di laga kali ini. Selanjutnya, Andritany (Ardhyasa) dan Rohit (Chand) yang membela Tim Nasional bisa saja diturunkan."
"Selain mereka, pemain yang terkena suspensi sudah bisa dimainkan. Dan, ya, kami berharap di laga selanjutnya kami bisa fokus meraup poin penuh karena akan bermain di rumah," tandasnya.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan