kumparan
26 Maret 2020 14:23

PFA: Tak Ada Alternatif Selain Laga di Inggris Digelar Tanpa Penonton

Logo Premier League
Logo Premier League Foto: Laurence Griffiths
Sepak bola di Inggris sedang terhenti gara-gara virus corona. Sekarang ini semua gelaran sepak bola di sana ditangguhkan hingga 30 April nanti.
ADVERTISEMENT
Meski demikian, pihak Football Association, Premier League, dan EFL tetap menginginkan kompetisi musim 2019/20 ini bisa diselesaikan.
Dari situ, salah satu petinggi di Asosiasi Pesepak Bola Profesional Inggris dan Wales (PFA) menyebut bahwa hal itu bisa saja dilakukan. Namun, semua laga harus digelar tanpa penonton demi keamanan bersama.
"Idealnya, kami ingin bermain di depan para penonton, tapi dalam kondisi ini rasanya tidak ada alternatif lain," ucap Deputy Chief Executive PFA Bobby Barnes, dilansir BBC.
"Para pemain punya pandangan realistis. Saya sendiri sudah berbicara dengan para pemain dan kami menerima kalau itu mesti terjadi," lanjutnya.
Trofi Premier League
Trofi Premier League Foto: REUTERS/Phil Noble
Walau begitu, Barnes menyadari bahwa sepak bola ada untuk para penonton. Namun, ia menjelaskan juga ada kepentingan bisnis dalam olahraga tersebut.
ADVERTISEMENT
"Sepak bola memang hadir untuk para fans. Akan tetapi, dalam kenyataannya untuk sebagian pemain, terutama di level tertinggi kompetisi, gaji mereka berasal dari televisi dan kontrak-kontrak lain," jelas Barnes.
"Jadi, bagi kami PFA, jika laga tanpa penonton adalah satu-satunya cara agar para pemain bisa tetap mendapatkan gaji, maka itu yang harus kita lakukan," tambah dia.
Sebelumnya, ada Virgil Van Dijk yang mengaku merasa sedih kalau para fans Liverpool tak bisa melihat langsung The Reds memenangi Premier League.
Namun, Barnes mengaku tak khawatir akan hal itu. Menurut dia, para pemain sudah mulai bisa menerima laga akan digelar tanpa penonton.
"Jika kita ingin menyelesaikan musim kompetisi dalam waktu secepat-cepatnya agar bisa memikirkan musim depan, maka kita harus terbuka pada semua opsi yang ada," imbuh dia.
ADVERTISEMENT
****
kumparanDerma membuka campaign crowdfunding untuk bantu pencegahan penyebaran corona virus. Yuk, bantu donasi sekarang!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan