kumparan
23 Februari 2019 4:24

Piatek Cetak Gol Lagi, Milan Menang Telak atas Empoli

Krzysztof Piatek
Piatek merayakan gol ke gawang Empoli. Foto: AFP/Marco Bertorello
Untuk ketiga kalinya secara beruntun Milan berhasil meraih kemenangan di Serie A. Menghadapi Empoli di San Siro pada pertandingan giornata ke-24, Sabtu (23/2/2019) dini hari WIB, Rossoneri menang dengan skor 3-0.
ADVERTISEMENT
Gol-gol Milan pada laga ini disumbangkan oleh Krzysztof Piatek (49'), Franck Kessie (51'), dan Samu Castillejo (67'). Tambahan tiga angka membuat Milan semakin kokoh di posisi empat klasemen dengan 45 poin. Kini mereka cuma tertinggal satu angka dari sang tetangga, Internazionale, yang menghuni peringkat tiga.
***
Pelatih Milan, Gennaro Gattuso, masih setia dengan pakem 4-3-3 andalannya. Piatek menjadi ujung tombak di lini depan diapit Hakan Calhanoglu dan Castillejo. Di tengah, Lucas Paqueta dan Tiemoue Bakayoko menemani Kessie. Sementara itu, Mateo Musacchio dan Alessio Romagnoli mengisi jantung pertahanan.
Milan yang pada pekan lalu berhasil membungkam Atalanta di Bergamo memulai pertandingan dengan percaya diri. Mereka tampak berbeda dari Milan yang ditahan imbang Empoli 1-1 pada pertemuan pertama.
ADVERTISEMENT
Mengandalkan serangan sayap, Milan sudah berhasil membobol gawang Empoli yang dikawal Bartlomej Dragowski pada menit ke-10 ketika Lucas Paqueta menanduk umpan Ricardo Rodriguez. Namun, gol itu dianulir wasit karena empat pemain Milan berada dalam posisi offside ketika Rodriguez mengirim bola.
Dianulirnya gol Paqueta itu membuat Milan kesulitan. Empoli sukses merapatkan barisan dan mengisolasi Piatek. Milan pun hanya mampu menciptakan peluang lewat tembakan-tembakan jarak jauh Castillejo yang semuanya sukses dihentikan Dragowski. Di sisi lain, Empoli tidak cukup tajam untuk bisa membahayakan gawang Gigio Donnarumma. Pertandingan babak pertama pun berakhir tanpa gol.
Seusai jeda Milan kembali mencoba untuk mencetak gol cepat dan kali ini mereka berhasil. Pada menit ke-49 dan 51 mereka mampu melesakkan dua gol sekaligus. Pertama, lewat tembakan Piatek di depan gawang memafaatkan sodoran Calhanoglu. Kedua, melalui aksi Kessie yang mencungkil bola ke dalam gawang usai menerima umpan Castillejo. Bagi Piatek, itu adalah gol ke-7 dari 6 pertandingan untuk Milan.
ADVERTISEMENT
Samu Casillejo
Selebrasi gol Samu Castillejo. Foto: AFP/Marco Bertorello
Milan melanjutkan dominasinya setelah itu dan dominasi tersebut terwujud secara konkret lewat gol ketiga yang diceploskan Castillejo sendiri. Pemain asal Spanyol itu dengan tenang meneruskan umpan silang Andrea Conti dari sayap kanan untuk menaklukkan Dragowski di tiang dekat pada menit ke-67.
Pesta gol Milan nyaris berlanjut di menit ke-78. Fabio Borini yang menggantikan Paqueta menampilkan sikap pantang menyerah dalam melewati adangan empat pemain Empoli sebelum mencetak gol dengan kaki kirinya. Sayangnya, gol ini kemudian dibatalkan karena pemain pengganti lain, Patrick Cutrone, dianggap melanggar seorang bek lawan. Dengan demikian, di akhir cerita pun Milan 'cuma' menang dengan margin tiga gol.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan