Bola & Sports
·
27 Juni 2021 5:15
·
waktu baca 2 menit

Profil Kasper Dolberg: Eks Rekan Ezra Walian, Mimpi Buruk Wales di Euro 2020

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Profil Kasper Dolberg: Eks Rekan Ezra Walian, Mimpi Buruk Wales di Euro 2020 (41484)
searchPerbesar
Gol Kasper Dolberg pada laga melawan Wales di Euro 2020. Foto: Olaf Kraak/Pool/REUTERS
Kasper Dolberg menjadi mimpi buruk bagi Wales di babak 16 besar Euro 2020. Striker Denmark itu tampil gemilang dengan dua gol yang dicetaknya dalam laga yang berlangsung di Johan Cruijff ArenA, Amsterdam, Belanda, pada Sabtu (26/6) malam WIB tersebut.
ADVERTISEMENT
Dolberg mencatatkan gol pertamanya pada menit ke-27. Ia melepaskan tembakan melengkung indah dari luar kotak penalti yang tidak mampu dibendung oleh kiper Wales. Gol keduanya dicetak pada menit ke-48 usai memanfaatkan kesalahan sapuan Neco Williams di depan gawang.
Adapun, Denmark sukses mencetak dua gol lainnya lewat Joakim Maehle di menit ke-88 dan Martin Braithwaite pada menit ke-90. Alhasil, 'Tim Dinamit' menang 4-0 atas Wales.
Kemenangan ini pun mengantarkan Denmark ke babak 8 besar Euro 2020 dan bakal berhadapan dengan Belanda atau Republik Ceko. Sementara itu, pupus sudah harapan Wales untuk berbuat banyak di kompetisi ini.

Profil Kasper Dolberg

Profil Kasper Dolberg: Eks Rekan Ezra Walian, Mimpi Buruk Wales di Euro 2020 (41485)
searchPerbesar
Selebrasi gol Kasper Dolberg pada laga melawan Wales di Euro 2020. Foto: Olaf Kraak/Pool/REUTERS
Menilik rekam jejak Kasper Dolberg di Transfermarkt, penyerang kelahiran Silkeborg, Denmark, tersebut merintis karier sepak bola bersama klub kota kelahirannya, Silkeborg IF. Mulai dari akademi, lalu ke tim U-19.
ADVERTISEMENT
Dolberg kemudian dilirik Ajax. Kisah ini bertambah spesial karena yang melihat bakatnya tersebut adalah John Steen Olsen, pemantau bakat asal Denmark, yang menurut Ajax.NL merupakan sosok yang juga sudah menemukan bakat Zlatan Ibrahimovic, Markus Rosenberg, Christian Eriksen, dann Viktor Fischer.
Menariknya, Dolberg ternyata seangkatan dengan penyerang keturunan Indonesia yang kini bermain untuk Persib, Ezra Walian. Keduanya merupakan andalan bagi tim Jong Ajax musim 2016/17. Dolberg pun berhasil dipromosikan ke tim senior di musim tersebut.
Profil Kasper Dolberg: Eks Rekan Ezra Walian, Mimpi Buruk Wales di Euro 2020 (41486)
searchPerbesar
Dolberg, bintang muda baru Ajax. Foto: Toussaint Kluiters/Reuters
Tak butuh lama buat pemain dengan postur 186cm/75kg itu untuk memperlihatkan kemampuannya di depan gawang lawan. Dolberg langsung bikin gol dalam debutnya ketika tampil di kualifikasi Liga Champions pada 26 Juli 2016. Golnya membuat Ajax berimbang 1-1 lawan PAOK Thessaloniki FC.
ADVERTISEMENT
Kasper Dolberg membela Ajax hingga tahun 2019. Ia berhasil mencetak 45 gol dan 16 assist dari 119 pertandingan di semua ajang untuk klub Ibukota tersebut. Sang pemain juga menorehkan sejumlah gelar, di antaranya adalah trofi juara Eredivisie.
Profil Kasper Dolberg: Eks Rekan Ezra Walian, Mimpi Buruk Wales di Euro 2020 (41487)
searchPerbesar
Pemain timnas Denmark Kasper Dolberg berusaha melewati pemain timnas Inggris pada pertandingan UEFA Nations League di Stadion Telia Parken, Kopenhagen, Denmark. Foto: John Sibley/REUTERS
Berdasarkan statistik, kelebihan utama Dolberg terletak pada kemampuannya untuk menahan bola dan melakukan sprint serta ketajamannya di depan gawang. Ia bukanlah pemain dengan segudang trik dan gocekan nan elastis, tetapi efektivitasnya untuk pemain berusia remaja patut diacungi jempol.
Tendangan kaki kanannya yang akurat sudah acapkali memberikan poin penting bagi Ajax. Berkat atribut-atribut tersebut, tak heran kalau Dolberg sempat dikaitkan dengan sejumlah klub besar: Manchester United, Manchester City, hingga Real Madrid.
Akan tetapi, Dolberg berlabuh di klub asal Prancis, OGC Nice. Ia menandatangani kontrak berdurasi 5 tahun hingga tahun 2024 mendatang. Musim ini, penyerang berusia 23 tahun itu berhasil mencetak 6 gol dan 2 assist dari 29 laga di semua ajang.
ADVERTISEMENT
Berkat performanya itu, Kasper Dolberg mengantarkan Nice finis di urutan kesembilan Liga Prancis. Adapun bersama Timnas Denmark, ia telah mengemas 9 gol dari 28 caps.
****
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020