Bola & Sports
·
15 April 2021 15:55

Profil Oman, Sang Macan Asia Penantang Timnas Indonesia

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Profil Oman, Sang Macan Asia Penantang Timnas Indonesia (6480)
Tim Nasional Sepak Bola Oman. Foto: ofa.om
Tim Nasional Oman dipastikan akan jadi lawan tanding Timnas Indonesia jelang Prakualifikasi Piala Dunia 2022. Laga uji coba ini akan dihelat pada 29 Mei mendatang.
ADVERTISEMENT
PSSI dan Federasi Sepak Bola Oman sepakat menggelar pertandingan persahabatan ini di tempat netral. Rencananya, laga itu bakal dihelat di Uni Emirat Arab.
Lantas, seperti apa kekuatan Tim Nasional Oman?
Indonesia sejatinya tidak begitu asing dengan Timnas Oman. Pada 2010, kedua tim bertemu di Kualifikasi Pra-Piala Asia 2011. Dalam laga yang dihelat di Stadion Utama Gelora Bung Karno itu, skuad 'Merah-Putih' dipaksa tunduk 1-2 dari tamunya.
Oman memang bukanlah lawan sembarangan. Laiknya negara-negara Timur Tengah lainnya, Oman juga menempati papan atas ranking FIFA Zona Asia. Saat ini, mereka ada di urutan ke-11 di bawah Syria.
Profil Oman, Sang Macan Asia Penantang Timnas Indonesia (6481)
Tim Nasional Sepak Bola Oman. Foto: ofa.om
Sementara, di ranking dunia, Oman menempati posisi 80. Sangat jauh di atas Indonesia yang masih tercecer di ranking 173.
ADVERTISEMENT
Timnas Oman juga jarang absen di gelaran akbar Piala Asia. Tercatat, mereka sudah lolos empat kali ke putaran final dalam lima edisi terakhir Piala Asia.
Bahkan, di Piala Asia terakhir, yakni 2019, Oman berhasil menembus babak 16 besar. Saat itu, mereka tersingkir usai kalah 0-2 dari negara Timur Tengah lainnya, Iran.
Saat ini, Timnas Oman kental dengan aroma Eropa Timur. Mereka diarsiteki Pelatih Branko Ivankovic dan Asisten Pelatih Mario Tokic yang sama-sama berasal dari Kroasia. Sementara, Pelatih penjaga gawang, Enver Lugusic, didatangkan dari Bosnia & Herzegovina.
Profil Oman, Sang Macan Asia Penantang Timnas Indonesia (6482)
Tim Nasional Sepak Bola Oman. Foto: ofa.om
Komposisi kepelatihan ini memang terbilang baru. Mereka menangani Timnas Oman sejak tahun 2020. Sayang, kinerja mereka belum terlihat maksimal sebab beberapa pertandingan ditunda karena virus corona.
ADVERTISEMENT
Sama hal dengan Indonesia, Oman saat ini tengah berjuang di Prakualifikasi Piala Dunia 2022. Peluang mereka lolos ke babak selanjutnya juga terbuka lebar mengingat Oman kokoh bertengger di peringkat kedua Grup E di bawah Qatar.
Lantas, mampukah anak asuh Shin Tae-yong menaklukkan Oman di laga uji coba nanti? Patut dinantikan.
---