kumparan
5 April 2019 14:30

PSSI Korbankan Timnas Putri U-15 demi Bergulirnya Liga 1 Wanita

Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria
Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria. Foto: Nugroho Sejati/kumparan
Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) memutuskan untuk menarik keikutsertaan Timnas U-15 Putri Indonesia dari Piala AFF 2019. Undur dirinya 'Garuda Pertiwi Muda' di ajang yang akan dihelat di Thailand pada 9 hingga 21 Mei mendatang tersebut diketahui lantaran kesulitan dana.
ADVERTISEMENT
Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) sudah mengetahui kondisi yang tengah menimpa PSSI. Dengan mundurnya Indonesia, turnamen ini akan diikuti oleh sembilan negara yang terbagi dalam dua grup.
Persoalan ini sempat dibenarkan oleh salah satu Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Refrizal. Dalam pernyataan kepada kumparanBOLA, ia menuturkan bahwa PSSI tengah dalam kondisi kurang sehat terkait ketersediaan dana.
''Kalau masalah dana, memang kita (PSSI) lagi sulit. Enggak usah bohong-bohong, deh. Memang kasnya (PSSI) kosong,'' demikian penuturan Refrizal.
Alih-alih menyatakan dana kas PSSI tengah seret, Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria mengatakan bahwa alpanya Timnas U-15 berpartisipasi lantaran mengalihkan fokus untuk menyambut Liga 1 Wanita pada tahun ini.
Pada Kongres Tahunan PSSI pada 20 Januari lalu diputuskan bahwa akan ada enam kompetisi yang akan dijalankan PSSI tahun ini. Beberapa di antaranya, Liga 1, Liga 2, Elite Pro Akademi U-16, Liga 1 U-18, Liga 1 U-20 dan Liga 1 Sepak Bola Wanita.
ADVERTISEMENT
"Beberapa waktu lalu, perwakilan dari FFA (Federasi Sepak Bola Australia) sudah berada di Sawangan (Depok, Jawa Barat) untuk melihat Timnas Putri Indonesia. Kami prioritaskan untuk persiapan Liga 1 Putri dan Timnas Senior Putri menuju SEA Games," kata Tisha di situs resmi PSSI, Jumat (5/4/2019).
Liga 1 Putri 2019, lanjut Tisha, rencananya akan memulai debutnya pada September mendatang.
Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria
Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria. Foto: Nugroho Sejati/kumparan
''Kompetisi ini baru akan kami bangun rencananya di September mendatang. Kami akan memulai dengan sekurang-kurangnya enam klub Liga 1 yang akan berpartisipasi. Dikarenakan prioritas PSSI membangun Kompetisi Liga 1 Putri, maka diputuskan untuk tahun ini PSSI, tidak mengirim Timnas U-15 Putri di Piala AFF,'' lanjutnya.
Timnas Putri U-15 sebelumnya telah mengikuti perhelatan Piala AFF pada dua edisi yakni 2017 dan 2018. Dari kedua edisi itu, Timnas Putri U-15 selalu terhenti di fase grup.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan