kumparan
11 Maret 2019 16:50

Puyol: Barcelona Harus Fokus apabila Ingin Juarai Liga Champions

Acara Pembukaan UEFA Champions League Trophy Tour, Carles Puyol
Carles Puyol pada Acara Pembukaan UEFA Champions League Trophy Tour di Beer Hall, Senayan, Jakarta Selatan, hari Senin (11/3/2019). Foto: Ganesha Arif/kumparan
Dalam acara pembukaan UEFA Champions League Trophy Tour yang diadakan di Beer Hall, Jakarta, Senin (11/3/2019), pemain legendaris Tim Nasional Spanyol, Carles Puyol, menyatakan bahwa Barcelona memiliki peluang besar untuk menjadi juara Liga Champions. Kendati begitu, eks pesepak bola yang juga merupakan legenda Barcelona ini menegaskan bahwa mantan timnya tersebut harus fokus penuh apabila ingin menjadi juara.
ADVERTISEMENT
Puyol hadir ke Indonesia sebagai duta besar dari UEFA untuk acara UEFA Champions League Trophy. UEFA Champions League Trophy merupakan tur trofi Liga Champions yang diinisiasi oleh UEFA dan Heineken ke beberapa negara, termasuk Indonesia.
Puyol menyatakan bahwa ia bangga bisa merepresentasikan UEFA dan membawa 'Si Kuping Besar' ke Indonesia. Selain itu, pria yang semasa bermain berposisi sebagai bek tengah ini juga mengutarakan prediksinya mengenai Liga Champions musim ini.
"Barcelona tentu saja favorit, tetapi karena Liga Champions sangat sulit dan tidak bisa diprediksi --kalian bisa lihat bagaimana Ajax mengalahkan Real Madrid dan PSG kalah dari Manchester United-- Barcelona harus sangat fokus untuk bisa menang," ucap Puyol dalam sesi tanya jawab di acara pembukaan UEFA Champions League Trophy Tour.
ADVERTISEMENT
Kekurangan fokus memang tampaknya menjadi penyebab kekalahan Madrid dan PSG. Dua tim raksasa Eropa ini berhaail menang di leg pertama. Namun, di leg kedua, lawan masing-masing kedua tim lebih fokus untuk meraih kemenangan.
Selain itu, Puyol juga berbicara mengenai keterpurukan Madrid di musim ini. Ia menyebutkan bahwa perginya Cristiano Ronaldo menjadi alasan utama mengapa Los Merengues tak mampu bersaing di La Liga dan tersingkir di Liga Champions. Di satu sisi, Puyol juga senang melihat Barcelona unggul atas rival abadinya ini.
"Tentu saja ketika satu tim kehilangan pemain terbaiknya, semuanya akan menjadi sulit. Saya senang tentu saja Barca bisa menang dan saya harap mereka juara," tambah Puyol.
Barcelona sendiri sampai sekarang belum memastikan diri lolos ke perempat final. Pada pertandingan leg I 16 besar menghadapi Olympique Lyonnais, Barcelona gagal mencetak gol dan kudu mengakhiri laga dengan hasil imbang 0-0. Laga leg II sendiri bakal dihelat di Camp Nou pada Kamis (14/3/2019) dini hari WIB.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan