Bola & Sports
·
12 November 2019 10:47

Rumor: Fiorentina Pertimbangkan Spalletti untuk Gantikan Montella

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Rumor: Fiorentina Pertimbangkan Spalletti untuk Gantikan Montella (48383)
Luciano Spalletti saat memimpin Inter di laga vs Bologna. Foto: AFP/Miguel Medina
Kepercayaan manajemen Fiorentina terhadap pelatih Vincenzo Montella dikabarkan mulai luntur. Kekalahan 2-5 dari Cagliari, akhir pekan lalu, menjadi penyebab utamanya.
ADVERTISEMENT
Montella mulai menangani Fiorentina pada awal April lalu, ketika musim 2018/19 menyisakan tujuh pertandingan. Montella menggantikan Stefano Pioli yang dianggap tidak berkomitmen seratus persen terhadap klub.
Dalam tujuh pertandingan di bawah Montella, Fiorentina tidak sekali pun meraih kemenangan. Mereka kalah lima kali dan bermain imbang dua kali. Beruntung, La Viola masih selamat dari degradasi.
Pada jeda antarmusim, pergantian rezim terjadi di Fiorentina. Pengusaha Italia-Amerika, Rocco Commisso, mengambil alih kepemilikan klub dari tangan Andrea dan Diego Della Valle.
Rumor: Fiorentina Pertimbangkan Spalletti untuk Gantikan Montella (48384)
Manajemen Fiorentina mulai kehilangan kepercayaan terhadap Vincenzo Montella. Foto: Reuters/Daniele Mascolo
Meski punya catatan buruk di musim sebelumnya, Montella masih dipercaya oleh Commisso untuk menangani klub. Mantan penyerang Roma itu bahkan dibawa ke New York untuk diperkenalkan secara terbuka di Times Square.
Sebenarnya, di bawah Montella, Fiorentina mampu menampilkan sepak bola atraktif. Akan tetapi, dalam empat pertandingan pertama, hasilnya sama sekali belum tampak.
ADVERTISEMENT
Fiorentina kalah dua kali dan bermain imbang dua kali sebelum akhirnya meraih kemenangan perdana pada laga kontra Sampdoria. Dua kemenangan lain menyusul dan Fiorentina tampak berada di trek yang tepat.
Akan tetapi, dalam empat partai terakhir, inkonsistensi menghampiri. Mereka memang bisa menang atas Sassuolo, tetapi dipaksa bermain imbang oleh Parma serta menelan kekalahan dari Lazio dan Cagliari.
Inilah yang kemudian memicu sebuah spekulasi. Menurut Firenze Viola, jika Montella tak mampu menstabilkan klub, dia akan dicopot dan digantikan oleh mantan pelatih Internazionale, Luciano Spalletti.
Rumor: Fiorentina Pertimbangkan Spalletti untuk Gantikan Montella (48385)
Luciano Spalletti memimpin Inter di laga melawan Sassuolo. Foto: Reuters/Jennifer Lorenzini
Yang jadi persoalan, mendatangkan Spalletti bukan perkara gampang. Pertama, gajinya terbilang mahal. Musim lalu, dia menerima gaji yang diperkirakan mencapai 4,5 juta euro per tahun.
Kemudian, Spalletti saat ini masih terikat kontrak dengan Inter. Ya, meskipun sudah merekrut Antonio Conte sebagai pelatih, Inter masih harus menggaji Spalletti karena pemutusan kontrak tidak berjalan mulus.
ADVERTISEMENT
Milan sudah pernah menghadapi kesulitan ini tatkala mencari pengganti Marco Giampaolo. Mereka sebenarnya sudah mencapai kesepakatan personal dengan Spalletti tetapi enggan membayar kompensasi yang diminta Inter.
Fiorentina paham dengan situasi ini. Akan tetapi, apabila memang Montella tidak mampu mengubah peruntungan Federico Chiesa dan kawan-kawan, manajemen takkan ragu mengeluarkan biaya lebih untuk merekrut Spalletti.