kumparan
18 Juli 2019 18:10

Salah, Alisson, dan Firmino Segera Kembali Latihan bersama Liverpool

Firmino, Salah, Robertson. Foto: REUTERS/Andrew Yates
Tiga pemain bintang Liverpool, Mohamed Salah, Alisson Becker, dan Roberto Firmino segera kembali latihan bersama klubnya setelah menjalani liburan. Hal ini dikonfirmasi langsung oleh pelatih Liverpool, Juergen Klopp.
ADVERTISEMENT
Salah, Alisson, dan Firmino memang belum kembali bergabung bersama skuat Liverpool yang sedang melakukan tur pramusim di Amerika Serikat. Ketiganya masih menjalani liburan ekstra setelah membela negaranya masing-masing.
Salah baru saja mengikuti Piala Afrika 2019 bersama Mesir. Sementara, Alisson dan Firmino berpartisipasi dalam kesuksesan Brasil menjuarai Copa America 2019.
Nah, Klopp menyatakan bahwa ketiga pemain andalannya itu akan bergabung bersama rekan-rekannya dalam pemusatan latihan Liverpool di Evian, Prancis, yang akan dimulai pada 28 Juli 2019.
Dengan begitu, mereka setidaknya dapat mengembalikan match fitness untuk menghadapi laga resmi pertama Liverpool melawan Manchester City di ajang Community Shield pada 4 Agustus.
“Salah dan para pemain Brasil (Alisson dan Firmino) akan ikut bersama kami ke Evian. Artinya, mereka akan memiliki waktu berlatih satu minggu untuk laga melawan City, 12 hari untuk laga Premier League melawan Norwich, dan 15 atau 16 hari untuk melawan Chelsea di ajang Piala Super Eropa,” ungkap Klopp, dilansir situsweb resmi Liverpool.
ADVERTISEMENT
Klopp berpesta bersama Liverpool. Foto: REUTERS/Carl Recine
Klopp juga menambahkan bahwa ia mensyukuri durasi libur mereka bertiga yang ‘hanya’ tiga minggu—satu minggu lebih sebentar dari liburan pramusim normal. Menurut pria asal Jerman ini, Salah, Alisson, dan Firmino tak akan membutuhkan waktu lama untuk memulihkan diri kembali berkat jangka waktu liburan mereka itu.
“Kami akan memantau kondisi mereka. Berita baiknya, ketika Anda libur sebentar, Anda tak akan kehilangan banyak kebugaran. Mereka butuh libur selama tiga minggu, jadi kami menyerahkan itu kepada mereka.”
“Saya, sih, ingin mereka kembali setelah satu minggu. Namun, itu tidak masuk akal sama sekali,” canda Klopp.
Kemungkinan siapnya Salah, Alisson, dan Firmino untuk menjalani laga pembuka musim 2019/20 patut disyukuri suporter Liverpool. Pasalnya, ketiganya merupakan kepingan penting dari kesuksesan Liverpool di musim 2018/19.
ADVERTISEMENT
Salah merupakan topskorer Liverpool di semua kompetisi dengan total 27 gol. Firmino menjadi jembatan yang sempurna antara lini tengah dan depan The Reds lewat catatan 16 gol plus tujuh assist.
Sementara, Alisson adalah alasan dari tangguhnya lini pertahanan Liverpool di Premier League 2018/2019. Pria berusia 26 tahun ini mampu mencatatkan 21 clean sheet dan hanya kebobolan 22 gol dari 38 pertandingan.
Sayangnya, Liverpool kemungkinan besar tak akan diperkuat pemain bintang mereka lainnya, Sadio Mane, setidaknya di laga melawan City. Saat ini, Mane masih tergabung bersama Timnas Senegal di Piala Afrika 2019, dan tengah bersiap untuk melakoni partai final melawan Aljazair, Minggu (20/7), dini hari WIB.
Sadio Mane saat memperkuat Timnas Senegal. Foto: SEYLLOU / AFP
ADVERTISEMENT
Klopp menyatakan bahwa ia belum tahu kapan Mane akan kembali berlatih bersama timnya. Pria berusia 52 tahun ini juga mengakui bahwa situasi yang dihadapinya dan stafnya menyoal Mane sulit untuk dipecahkan.
“Soal Mane, kami harus melihat kondisinya setelah final. Situasinya akan sulit. Ia baru menyelesaikan musimnya 16 hari sebelum kami menghadapi City. Kami akan mengambil keputusan tentangnya, tetapi kami belum memutuskan apa-apa saat ini,” pungkas Klopp.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan