kumparan
27 September 2018 5:04

Sevilla Beri Kekalahan Perdana bagi Real Madrid di La Liga 2018/19

Sevilla
Para pemain Sevilla merayakan gol. (Foto: REUTERS/Marcelo Del Pozo)
Sevilla garang. Menjamu Real Madrid dalam laga pekan 6 La Liga musim 2018/19 di Stadion Ramon Sanchez Pizjuan, Kamis (27/9/2018) dini hari WIB, Sevilla sukses menang dengan skor 3-0. Andre Silva menjadi bintang pada laga ini lewat dua golnya, plus satu gol lain dari Wissam Ben Yedder.
ADVERTISEMENT
Berkat kemenangan ini, Sevilla sukses memberikan kekalahan perdana bagi Real Madrid di ajang La Liga musim 2018/19. Namun, posisi Madrid sendiri belum goyah dari papan atas, karena di saat bersamaan, Barcelona juga kalah dari Leganes.
***
Menghadapi Real Madrid, Sevilla sebagai tuan rumah menurunkan kekuatan terbaiknya. DI lini depan, ada duet Wissam Ben Yedder dan Andre Silva, diapit oleh Ever Banega, Franco Vazquez, dan Pablo Sarabia di lini tengah. Simon Kjaer, Sergi Gomez, dan Daniel Carrico menjadi trio di lini belakang, sedangkan wilayah sayap menjadi kekuasaan Jesus Navas dan Guilherme Arana.
Sementara itu, Real Madrid juga tidak mau kalah dengan menurunkan para pemain terbaiknya. Ada Karim Benzema, Gareth Bale, dan Marco Asensio yang menjadi trio di lini depan, ditopang oleh Luka Modric, Casemiro, dan Toni Kroos di lini tengah. Komando di lini pertahanan, seperti biasanya, diserahkan kepada duet Sergio Ramos dan Raphael Varane.
ADVERTISEMENT
Sejak babak pertama dimulai, Real Madrid selaku tim tamu langsung mengambil inisiatif laga. Distribusi bola diatur oleh Toni Kroos dan Luka Modric, sementara itu soal mendobrak pertahanan lawan menggunakan dribel, ada Marco Asensio dan Gareth Bale, ditopang Marcelo dan Nacho, yang menjadi aktornya.
Dominasi permainan Madrid ini langsung terasa. Tercatat, Real Madrid menorehkan persentase penguasaan bola hingga mencapai 60%, berbanding 40% milik Sevilla. Tapi, meski menguasai bola lebih sedikit, Sevilla mampu tampil lebih efektif dalam pertandingan ini. Total 10 tembakan sukses mereka lepaskan, berbanding 6 tembakan milik Madrid.
Tidak hanya soal tembakan yang dilepaskan, Sevilla juga mampu mencetak tiga gol di babak pertama. Gol pertama terjadi pada menit 17. Usai mencuri bola di lini pertahanan Madrid, para pemain Sevilla melancarkan serangan cepat. Bola hasil umpan dari Jesus Navas mampu diceploskan ke gawang secara apik oleh Andre Silva. Skor 1-0 untuk keunggulan Sevilla.
ADVERTISEMENT
Gol kedua tercipta dengan proses yang hampir tidak beda jauh. Usai mencuri bola pada menit 21, serangan balik dilancarkan para pemain Sevilla dengan cepat. Navas kembali menjadi aktor di balik terciptanya gol Andre Silva. Skor 2-0 untuk keungguklan Sevilla.
Gol ketiga terjadi pada menit 39. Kali ini, lewat upaya Wissam Ben Yedder, Sevilla menambah keunggulan mereka. Skor 3-0 ini bertahan sampai babak pertama usai, meski Real Madrid berulang kali berusaha keras memperkecil sekaligus mengejar ketertinggalan yang tercipta ini.
Sevilla vs Real Madrid
Beda ekspresi pemain Madrid dan Sevilla. (Foto: REUTERS/Marcelo Del Pozo)
Masuk babak kedua, Real Madrid tak punya pilihan lain selain menyerang terus-menerus. Mereka mulai menyerang dari berbagai sisi, memanfaatkan segala kekuatan yang ada untuk memperkecil, atau kalau bisa, sampai mengejar ketertinggalan tiga gol yang tercipta di babak pertama.
ADVERTISEMENT
Namun, semakin Real Madrid berusaha mengejar, semakin sulit mereka mengejar ketertinggalan dari Sevilla. Hampir sama seperti di babak pertama, di babak kedua ini, Sevilla kembali menerapkan pertahanan yang rapat. Hal ini menyulitkan para pemain Madrid untuk menemukan ruang yang bisa dieksploitasi di lini pertahanan Sevilla.
Madrid sempat mencetak gol pada menit 67, namun dianulir wasit (lewat VAR) karena posisi salah satu pemain dianggap "offside". Meski dianulir, Real Madrid tidak menyerah untuk mencetak gol. Beragam upaya masih mereka lakukan, termasuk menurunkan pemain-pemain yang lebih segar seperti Lucas Vazquez, Mariano DIaz, serta Dani Ceballos.
Masuknya para pemain baru ini memang menyegarkan lini serang Madrid. Tapi, mereka tetap tidak mampu membantu Madrid mencetak gol. Pertahanan Sevilla, bahkan ketika laga tinggal tersisa empat menit, masih menampilkan fokus yang sangat apik. Berkat pertahanan apik mereka, Sevilla mampu mempertahankan keunggulan sampai akhir laga.
ADVERTISEMENT
Sevilla pun menang 3-0, sekaligus memberikan kekalahan perdana bagi Real Madrid di ajang La Liga musim 2018/19.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan