Shin Tae-yong Disebut Masuk Jajaran Calon Pelatih Timnas Korsel

23 Februari 2024 16:19 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Shin Tae-yong saat laga Timnas Indonesia vs Vietnam dalam matchday kedua Grup D Piala Asia di Abdullah Bin Khalifa Stadium, Qatar, pada Jumat (19/1/2024). Foto: PSSI
zoom-in-whitePerbesar
Shin Tae-yong saat laga Timnas Indonesia vs Vietnam dalam matchday kedua Grup D Piala Asia di Abdullah Bin Khalifa Stadium, Qatar, pada Jumat (19/1/2024). Foto: PSSI
ADVERTISEMENT
Shin Tae-yong masih belum diperpanjang kontraknya oleh PSSI. Kini, beredar rumor bahwa ia masuk dalam jajaran pelatih baru Timnas Korea Selatan (Korsel).
ADVERTISEMENT
Shin Tae-yong dipuji banyak pencinta Timnas Indonesia karena berhasil mengantar Skuad 'Garuda' ke babak 16 besar Piala Asia. Selain itu, Shin mampu meningkatkan peringkat Indonesia ke posisi 142 di ranking FIFA.
Di sisi lain, Korsel baru saja memecat Juergen Klinsmann yang gagal memberi trofi juara Piala Asia. Mengutip dari News1, Federasi Sepak Bola Korea Selatan (KFC) sekarang tak menutup kemungkinan mencari pelatih kepala orang Korea.
"Kami akan membuka kemungkinan kepada seluruh pelatih dalam dan luar negeri untuk menjadi pelatih tim nasional baru,” kata Ketua Komite Penguatan KFA, Jeong Hae-seong, saat jumpa pers usai rapat pertama pada Rabu (21/2).
Pemain Korea Selatan Kim Min-jae mendapat kartu kuning dari wasit saat pertandingan Piala Asia AFC Grup E di Stadion Jassim bin Hamad, Al Rayyan, Qatar. Foto: Molly Darlington/Reuters
"Namun, sebagai hasil dari pertemuan hari ini, dengan mempertimbangkan identifikasi cepat pemain, dan lain-lain, kami akan memilih pelatih domestik. Pendapat dikumpulkan untuk lebih menekankan," tambahnya.
ADVERTISEMENT
Pihak KFA tidak menyebutkan nama. Namun, media Korsel termasuk News1 menyebut ada 4 kandidat kuat, yakni Hong Myung-bo (pelatih Ulsan Hyundai), Hwang Seon-hong (pelatih tim Olimpiade), Choi Yong-soo (mantan pelatih Gangwon FC), dan Shin Tae-yong (pelatih Timnas Indonesia.
Ketua Jeong mengumumkan bahwa dia akan mempertimbangkan kemampuan taktis, pengembangan pemain, pengalaman yang kaya, komunikasi yang lancar, kepemimpinan, kemampuan untuk membentuk staf pelatih, dan kemungkinan untuk menghasilkan hasil yang baik. Pemilihan pelatih harus selesai pada awal Maret agar tidak terjadi gangguan dalam seleksi dan pemanggilan pemain timnas di Kualifikasi Piala Dunia.
Pelatih Indonesia Shin Tae-Yong bereaksi pada pertandingan babak 16 besar AFC Asian Cup di Stadion Jassim bin Hamad, Al Rayyan, Qatar, 28 Januari 2024. Foto: IBRAHEEM AL OMARI/Reuters
Shin Tae-yong belum pernah membuat pernyataan ingin hengkang sejauh ini. Ia pernah mengaku masih nyaman melatih Timnas Indonesia.
Itu dikatakannya ketika konferensi pers jelang laga kontra Australia di 16 besar Piala Asia pada 27 Januari 2024. Shin Tae-yong mengatakan bahwa ia merasa nyaman melatih 'Garuda', saat ditanya perasaannya tentang dukungan suporter Indonesia.
ADVERTISEMENT
"Bekerja di Indonesia, saya sangat nyaman karena proses sejauh ini sangat bagus. Saya ucapkan terima kasih dan senang dengan suporter," jelas Shin waktu itu, walau kemudian mengaku telah mendapat tawaran melatih negara lain.
Sementara itu, PSSI tetap pada kesepakatan awal. Ketum PSSI, Erick Thohir, menegaskan akan menunggu hasil Piala Asia U-23, di mana targetnya Timnas U-23 masuk 8 besar.
''Sudah ada kesepakatan kontrak saya dan Shin Tae-yong sampai Juni [2024] dengan dua parameter untuk perpanjangan yang lebih panjang, sampai 2027,'' kata Erick Thohir di Bali pada 30 Januari 2024.
''Apa itu? Meloloskan tim Indonesia senior ke 16 besar [Piala Asia]. Kedua, meloloskan Timnas U-23 ke 8 besar [Piala Asia U-23]. Itu kesepakatannya,'' lanjutnya.
ADVERTISEMENT