kumparan
search-gray
Bola & Sports30 Juli 2020 11:19

Tak Cuma Nginap di Hotel Mewah, Pemain Timnas U-19 Juga Dapat Honor Setiap Hari

Konten Redaksi kumparan
Tak Cuma Nginap di Hotel Mewah, Pemain Timnas U-19 Juga Dapat Honor Setiap Hari (1226052)
Timnas Indonesia U-19 menggelar pemusatan latihan perdana di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Senin (13/1/2020), dipimpin langsung Shin Tae-yong. Foto: Ferry Tri Adi Sasono
Tak hanya menginap di hotel mewah, para pemain Timnas U-19 Indonesia juga mendapatkan honor setiap harinya. Saat ini, sebanyak 46 pemain Timnas U-19 kini tengah bersiap mengikuti pemusatan latihan pada 1 Agustus mendatang di Stadion Madya, Senayan.
ADVERTISEMENT
Awalnya, pemain Timnas U-19 dan senior dijadwalkan menggelar latihan pada pekan lalu. Akan tetapi, pelatih Shin Tae-yong meminta latihan diundur ke pekan ini.
Sebelumnya, PSSI juga telah menandatangani MoU dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) terkait dana untuk Timnas U-19 di Piala Dunia U-20 2021. Pemerintah memberikan dana sebesar Rp 50,6 kepada PSSI.
Dana tersebut dialokasikan di antaranya untuk keperluan gaji pelatih dan pemain. Sekretaris Menpora, Gatot S. Dewa Broto, mengatakan selama menjalani pemusatan latihan, para pemain Timnas U-19 akan menerima honor setiap harinya.
"Pak Menteri (Menpora Zainudin Amali) sudah membocorkan pemain menginap di Hotel Fairmont, itu berbeda dengan atlet lain. Bukan berarti menimbulkan kecemburuan, tapi ini kan untuk Piala Dunia U-20 dan sudah ada garansi juga dari Presiden kita menjadi tuan rumah," ujar Gatot kepada kumparan, Kamis (30/7).
ADVERTISEMENT
Tak Cuma Nginap di Hotel Mewah, Pemain Timnas U-19 Juga Dapat Honor Setiap Hari (1226053)
Sesmenpora Gatot S. Dewa Broto saat wawancara eksklusif di kumparan. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
"Khusus untuk pemain, mereka juga mendapat honor per harinya. (Nominalnya) cukuplah, yang pasti lebih tinggi dari cabor (cabang olahraga) lainnya," lanjutnya.
Pemberian honor tersebut, lanjut Gatot, sejatinya lazim diberikan pada cabor mana pun ketika melakukan pemusatan latihan. Apalagi, bagi para pemain yang harus meninggalkan klub.
"Mereka kan di klub tiap bulan saja minimal Rp 50 juta, sementara ini ninggalin klubnya," kata Gatot.
Tak Cuma Nginap di Hotel Mewah, Pemain Timnas U-19 Juga Dapat Honor Setiap Hari (1226054)
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memberikan arahan saat sesi latihan di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (14/2). Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan
Selain honor, fasilitas lain yang diberikan ke pemain adalah suplemen, nutrisi, dan dukungan kesehatan. Khususnya pada masa pandemi virus corona, para pemain akan melakukan tes swab secara berkala.
***
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white