Thom Haye Akui Timnas Indonesia Sudah Naik Kelas

1 Maret 2024 13:24 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
ADVERTISEMENT
Penampilan Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 nyatanya tak lepas dari perhatian Thom Haye. Calon pemain naturalisasi Indonesia itu mengakui menonton seluruh laga skuad 'Garuda'.
ADVERTISEMENT
Timnas Indonesia membuat sejarah dengan lolos ke 16 besar Piala Asia 2023. Ini adalah kali pertama sejak empat kali keikutsertaan, Indonesia lolos ke fase gugur.
"Saya menyaksikan semuanya, sangat bagus dan membanggakan mereka bisa lolos. Saya mendapatkan banyak kabar tentang itu, orang-orang memberikan banyak dukungan, itu adalah hal yang membanggakan," ujar Haye dalam perbincangan eksklusif bersama kumparan.
Pemain Timnas Indonesia pada pertandingan babak 16 besar Piala Asia kontra Australia di Stadion Jassim bin Hamad, Al Rayyan, Qatar, 28 Januari 2024. Foto: REUTERS/Ibraheem Al Omari
Bagi penggawa Heerenveen SC ini, keberhasilan Timnas Indonesia melaju ke 16 besar Piala Asia 2023 adalah sebuah sinyal baik. Ia pun memberikan selamat atas pencapaian skuad asuhan Shin Tae-yong.
"Itu adalah tanda bahwa sepak bola di Indonesia sudah berkembang dan naik kelas, itu adalah motivasi yang bagus," kata Haye.
"Saya juga posting di Instagram, saya lihat orang-orang sangat senang, tim juga senang. Itu adalah sesuatu moment of history, sangat hebat mereka bisa mencapai itu," lanjutnya.
Thom Haye dalam balutan jersey Timnas Indonesia pada Desember 2023. Foto: PSSI
Saat ini, Thom Haye masih menunggu proses naturalisasinya rampung. Ia telah mengurus administrasi ke Jakarta beberapa waktu lalu. Kini, Haye tinggal menjalani sumpah WNI begitu seluruh persyaratannya terpenuhi.
ADVERTISEMENT
PSSI mencanangkan Haye bisa tampil pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Vietnam pada Maret mendatang.